21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

5 Fakta Muhamad Alfiana, Atlet asal Sukabumi Diguyur Bonus Rp367,5 Juta oleh Jokowi

Olahraga5 Fakta Muhamad Alfiana, Atlet asal Sukabumi Diguyur Bonus Rp367,5 Juta oleh Jokowi

sukabumiheadline.com l SUKARAJA –  Skuad Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia mencatat sejarah dengan merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Di laga final Indonesia mengalahkan Malaysia dalam pertandingan yang dilangsungkan di Dinosaur Park Hall, Phnom Penh, Kamboja, Ahad (7/6/2023).

Indonesia mengalahkan Negeri Jiran itu melalui penalty shoot-out (semacam adu penalti dalam sepak bola) dengan skor 2-1 setelah pada waktu normal hanya bermain imbang, skor 3-3.

Tidak banyak yang tahu bahwa salah satu punggawa Timnas Hoki Indoor Putra berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berikut 5 faktanya.

1. Muhamad Alfiana

Penulisan nama Muhammad atau Mehmed, Mehmet, Mohammed atau Mochammad lazim menggunakan dobel “M”.

Namun, seperti kebanyakan urang Sunda lainnya, Muhamad (satu M) Alfiana menggunakan satu huruf M. Hal itu diketahui dari akun Facebook pribadinya, Muhamad Alfiana.

Muhamad Alfiana adalah salah seorang punggawa Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia yang berhasil membawa pulang medali emas SEA Games 2023 lalu.

Muhamad Alfiana, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Muhamad Alfiana
Muhamad Alfiana, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Muhamad Alfiana

2. Biodata Muhamad Alfiana 

Muhamad Alfiana, tercatat sebagai warga Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Muhamad Alfiana sudah menikah dengan Devy Anindia Khusnuliana yang juga aktif bermain hoki sejak sama-sama kuliah di UPI Bandung.

Di akun Facebooknya ditulis bahwa ia lulusan SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hoki Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Devy Anindia Khusnuliana dan Muhammad Alfiana. l Dok. Pribadi
Devy Anindia Khusnuliana dan Muhammad Alfiana. l Dok. Pribadi

3. Jadi Top Skor 

Muhamad Alfiana berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan membawa medali emas beregu dalam ajang SEA Games 2023.

Ini menjadi medali emas pertama bagi Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di SEA Games. Sebelumnya, medali terbaik yang pernah diraih Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia adalah perak pada 2017, saat cabang ini mulai dipertandingan. Sedangkan pada 2019, Indonesia gagal meraih medali.

Selain itu, ia juga menjadi top skor dengan torehan 19 gol. Disusul atlet asal Malaysia, Faridzul dengan 11 gol.

Muhamad Alfiana, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Muhamad Alfiana
Muhamad Alfiana, Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Muhamad Alfiana

4. Asal Kabupaten Tapi Aktif Bersama Tim Kota Sukabumi 

Pada saat menjelang Piala Asia 2022 di Thailand, Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) memilih untuk melakukan pemusatan latihan di Kota Sukabumi.

Diketahui, dalam daftar Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia yang melakukan pemusatan latihan ada nama Muhamad Alfiana.

Setelah itu, Muhamad Alfiana juga menjadi bagian dari Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia untuk menjalani try out di beberapa Negara Eropa pada 1 – 20 Januari 2023.

Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Istimewa
Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia. l Istimewa

Try out tersebut merupakan program dari PP FHI, Kemenpora dan KONI, dalam persiapan SEA Games 2023 dengan mengikutsertakan timnas hoki di sejumlah turnamen yang diadakan di Austria, Polandia dan Ceko.

Hasil yang diperoleh selama try out pun sangat membanggakan karena tim kebanggaan Indonesia itu berhasil mengalahkan timnas dari sejumlah negara Eropa dengan total 6 kemenangan dan satu kali kalah.

Diketahui, Muhamad Alfiana aktif bersama tim hoki putra Kota Sukabumi dan berhasil menyumbangkan dua medali perunggu dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat.

5. Bonus Ratusan Juta Rupiah dari Presiden

Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia yang berlaga di ajang SEA Games Ke-32 yang diselenggarakan di Kamboja pada 5-17 Mei 2023 lalu.

Dalam sambutannya pada Senin, 5 Juni 2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Presiden mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga atas perolehan medali yang diraih pada ajang SEA Games tahun ini.

“Atas nama masyarakat, atas nama rakyat, atas nama bangsa, atas nama negara saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas perjuangan saudara-saudara semuanya, baik para peraih medali, para atlet, para pelatih, asisten pelatih, para pendamping, semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu,” ujar Presiden.

Muhamad Alfiana (kedua dari kiri) mewakili Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia menerima bonus dari Presiden RI Joko Widodo. l Muhamad Alfiana
Muhamad Alfiana (kedua dari kiri) mewakili Timnas Hoki Indoor Putra Indonesia menerima bonus dari Presiden RI Joko Widodo. l Sekretariat Negara

Dalam ajang tersebut, kontingen Indonesia berhasil memperoleh medali sebanyak 276 medali yang terdiri atas 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu. Presiden mengatakan, perolehan medali tersebut, khususnya medali emas, telah melampaui target yang ditentukan sebelumnya.

Pada beberapa cabang olahraga (cabor), Presiden mengaku gembira sekaligus terkejut atas perolehan medali emas yang sudah dinanti sejak lama. Seperti pada cabor bola basket putri yang berhasil menyabet medali emas setelah penantian selama 64 tahun dan cabor hoki dalam ruangan putra, serta kriket putri yang juga berhasil membawa pulang emas sejak pertama kali Indonesia mengikuti ajang SEA Games.

“Dan juga tim sepak bola yang sudah 32 tahun enggak pernah kita itu dapat emas, 32 tahun enggak pernah dapat emas ini dapat,” lanjut Presiden

Atas perolehan medali tersebut, pemerintah pun memberikan bonus apresiasi dengan nilai total Rp289 miliar untuk para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan bonus apresiasi secara simbolis kepada perwakilan atlet peraih medali, yaitu:

1. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Rizky Ridho, cabor sepak bola putra;

2. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Henny Sutjiono, cabor bola basket putri;

3. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Muhammad Alfiana, cabor hoki dalam ruangan putra;

4. Emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Andriani, cabor kriket putri;

5. Emas perorangan (Rp525 juta) kepada Odekta Elvina Naibaho, cabor atletik maraton;

6. Emas perorangan (Rp525 juta) kepada Janis Rosalita Suprianto, cabor finswimming;

7. Perak ganda/pasangan (Rp252 juta) kepada Ririn Rinasih, cabor pencak silat;

8. Perak perorangan (Rp315 juta) kepada Nurul Akmal, cabor angkat beban putri;

9. Perunggu beregu (Rp110,25 juta) kepada Agustin Gradita Retong, cabor bola basket putri; dan

10. Perunggu ganda/pasangan (Rp126 juta) kepada Dhendy Krhistanto, cabor biliar.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer