23.4 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Hanya Butuh Waktu Semalam Prabu Siliwangi Bangun Istana di Gunung Padang, Benarkah?

KhazanahHanya Butuh Waktu Semalam Prabu Siliwangi Bangun Istana di Gunung Padang, Benarkah?

sukabumiheadline.com l Menurut mitos yang berkembang di sekitar Situs Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Prabu Siliwangi membangun istana dalam satu malam di Gunung Padang.

Mitos ini diyakini oleh sebagian masyarakat setempat dan menjadi salah satu cerita dari mulut ke mulut warga di sekitar Situs Gunung Padang.

Namun, sejauh ini tidak ada literatur yang mendukung mitos tersebut. Bahkan, dalam Naskah Bujangga Manik yang selama ini menjadi rujukan para sejarawan Sunda, tidak ada catatan mengenai istana kerajaan Prabu Siliwangi di Gunung Padang.

Hal itu karena Situs Gunung Padang sudah ada jauh sebelum dibangun atau berdirinya Kerajaan Sunda, Pajajaran.

Model gambar 3D situs Gunung Padang. l Istimewa
Model gambar 3D situs Gunung Padang. l Istimewa

Meskipun bukti sejarah yang terkait dengan mitos Prabu Siliwangi dan Gunung Padang masih menjadi perdebatan, beberapa penemuan di situs Gunung Padang ini kerap dikaitkan dengan peradaban Sunda Kuno dan Prabu Siliwangi.

Situs Gunung Padang disebut sebagai bukti nyata tingginya peradaban Sunda Kuno pada era kejayaan Kerajaan Pajajaran Prabu Siliwangi, dan menelusuri jejak tapak harimau Gunung Padang yang dikaitkan dengan tempat petilasan dan meditasi Prabu Siliwangi.

Situs Gunung Padang juga diyakini adalah kompleks arkeologi yang mengungkap kejayaan masa lalu di Indonesia dan mengandung misteri yang terkait dengan Prabu Siliwangi.

Beberapa penemuan arkeologi di situs Gunung Padang meliputi pecahan tembikar, logam seperti koin dan pisau, serta batu yang memiliki bentuk mirip kujang.

Meskipun begitu, mitos Prabu Siliwangi yang membangun istana dalam satu malam di Gunung Padang tetap menjadi cerita yang menarik dan menjadi bagian dari Budaya Sunda.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer