20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Inspirasi Putri Ariani, Meskipun Buta tapi Dapat Royalti Besar Seumur Hidup untuk Lagu Loneliness

EkonomiInspirasi Putri Ariani, Meskipun Buta tapi Dapat Royalti Besar Seumur Hidup untuk Lagu Loneliness

sukabumiheadline.com l Setelah tampil memukau dalam America’s Got Talent, Putri Ariani kini road show ke berbagai vlog, podcast, hingga tayangan TV.

Saat tampil dalam vlog Irfan Hakim misalnya, gadis 17 tahun itu mengungkap sejumlah perjuangannya ketika merintis karier di dunia tarik suara. Ditemani sang ibu, Reni Alfianty, salah satu hal yang diceritakannya adalah bahwa ia dulu pernah dapat bayaran seadanya.

“Saking polosnya, pernah ada cerita kocak. Dulu sempat dibayar pakai beras doang,” kata Putri Ariani dalam vlog di kanal YouTube deHakims Story yang tayang 11 Juni 2023 lalu.

“Apaan?” tanya Irfan Hakim tak percaya.

“Anaknya polos kan. Jadi, Ini kok sembako’,” kata Reni sambil tertawa. Sementara Putri sempat menambahkan bahwa ia juga sempat dibayar Rp50 ribu.

“Ya udah, perjuangan ya,” kata Irfan.

“Iya alhamdulillah, kan dari nol,” kata Putri.

Namun, kini jalan rezeki Putri mulai terbuka. Salah satunya lewat lagu Loneliness yang ia bawakan di America’s Got Talent.

“Yang kamu nyanyi di sana, itu royaltinya ke kamu?” tanya Irfan Hakim.

“Iya,” kata ibundanya.

“Jadi pencipta lagu kan hidup di sana (royalti),” Putri menimpali.

Sang ibunda kemudian menjelaskan bahwa cara kerja royalti ini adalah semakin banyak orang yang menonton, makin besar pula pundi-pundi yang ia hasilkan.

Kan pencipta lagu di luar negeri bisa hidup semua. Kenapa? Setiap lagu yang dibawakan, yang penciptanya Putri, lagunya Putri… Putri semua. Sudah ada tanda tangannya,” jelasnya.

Sementara terkait gosip yang beredar, Putri dan Reni tak membantah atau membenarkan isu soal Simon Cowell memberikannya uang Rp7 triliun.

Diaminin aja, aamin, gitu loh A’. Semua doa terbaik itu diaminin, A’,” kata Reni.’

Isu Uang Triliunan Rupiah dari Simon Cowell

Seperti diketahui, belakangan di media sosial muncul narasi bahwa Simon Cowell memberikan uang dalam nilai fantastis di panggung America’s Got Talent.

Padahal, Simon hanya memberikan pujian tanpa embel-embel janji memberi duit. Apalagi, angka ini jauh lebih besar dari hadiah uang untuk pemenang America’s Got Talent yang “hanya” sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14,8 miliar.

Kemudian, ada yang menyebut lagu Loneliness dibeli Simon Cowell dengan harga triliunan Rupiah. Namun lagi-lagi itu hanya kabar burung.

Putri Ariani meraih golden buzzer di AGT. l Istimewa
Putri Ariani meraih golden buzzer di AGT. l Istimewa

Aturan tentang Hak Cipta

Salah satu aturan yang mengatur tentang hak cipta adalah UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Merujuk pada undang-undang ini, hak cipta terdiri dari hak moral dan hak ekonomi.

Hak moral merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri pencipta dan tidak dapat dialihkan selama ia masih hidup.

Sementara hak ekonomi adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaannya, salah satunya berupa royalti.

Perlindungan hak cipta atas lagu ini berlaku selama hidup pencipta dan terus berlangsung selama 70 tahun setelah pencipta meninggal, terhitung mulai 1 Januari tahun berikutnya.

Jika lagu ciptaan tersebut dimiliki oleh dua orang atau lebih, maka perlindungan hak cipta berlaku selama hidup pencipta yang meninggal dunia paling akhir dan berlangsung selama 70 tahun sesudahnya, terhitung sejak 1 Januari tahun berikutnya.

Sementara itu, perlindungan atas lagu ciptaan yang dimiliki atau dipegang oleh badan hukum berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali dilakukan pengumuman kepemilikan hak cipta.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer