26.8 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Mau kuliah musik? Ini 11 universitas terbaik dan prospek kerjanya

Gaya hidupMau kuliah musik? Ini 11 universitas terbaik dan prospek kerjanya

sukabumihheadline.com – Jika kamu calon mahasiswa yang memiliki bakat dalam musik dan ingin mempelajari bidang tersebut lebih dalam, jurusan musik mungkin merupakan pilihan tepat untukmu.

Di Indonesia, jurusan ini bukanlah sesuatu yang baru dan minim peminat. Nyatanya, telah banyak universitas yang menawarkan beberapa pilihan yang dijamin telah terakreditasi dan patut dipertimbangkan.

Lulusan Jurusan Pendidikan Seni Musik bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), dan Jurusan Musik akan meraih gelar Sarjana Seni (S.Sn.) di bidang musik untuk program-program akademik. Kurikulum Program Studi Musik dirancang untuk masa studi empat tahun.

Jika Sarjana Pendidikan bisa menjadi tenaga pengajar, maka Sarjana Seni prospek bekerja sebagai penyanyi, terapis musik, pemain musik, guru musik, penata suara, dan penulis lagu.

Penasaran apa saja daftar universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan musik?

Orkestra Stringentissimo Universitas Pendidikan Indonesia - @stringentissimo
Orkestra Stringentissimo Universitas Pendidikan Indonesia – @stringentissimo

Simak daftar selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia memiliki Jurusan Pendidikan Seni Musik dan Jurusan Musik, yang telah mendapat akreditasi unggul oleh BAN-PT.

Jurusan Pendidikan Seni Musik di UPI masuk dalam Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) menekankan pada pendidikan guru dan profesional di bidang seni musik. Sementara Jurusan Musik lebih memperdalam aspek musik secara umum.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta menyediakan Jurusan Pendidikan Musik yang telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Di dalam Fakultas Bahasa dan Seni, UNJ tidak hanya memberikan pembelajaran berkualitas.

Mereka juga sering mengundang dosen tamu untuk memberikan seminar dan workshop guna meningkatkan kualitas pendidikan seputar musik, terutama di Indonesia.

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Selanjutnya, ada Universitas Negeri Semarang yang menawarkan Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik atau Sendratasik yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Mahasiswa dalam prodi ini berkesempatan memamerkan hasil karyanya di laman fakultas, memberikan kesempatan untuk membagikan portfolio dan mengenalkan kreativitas dengan masyarakat luas.

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Bagi kamu yang berdomisili di daerah Malang, Universitas Negeri Malang juga menyediakan S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik.

Dalam Departemen Seni Desain yang ditawarkan Universitas ini, mahasiswa secara rutin menggelar pertunjukan seni sebagai bagian dari ujian mata kuliah.

Kegiatan ini dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar serta meningkatkan rasa percaya diri melalui kolaborasi dan kerja tim.

5. Universitas Sumatera Utara (USU)

Tak kalah dengan universitas lain di ibu kota, Universitas Sumatera Utara juga menyediakan sebuah jurusan yang dikenal dengan Etnomusikologi, yang telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

Dalam disiplin ilmu ini, mahasiswa akan mempelajari musik sebagai fenomena sosial budaya manusia di seluruh dunia, menggabungkan antropologi dan musikologi.

Orkestra Stringentissimo Universitas Pendidikan Indonesia - @stringentissimo
Orkestra Stringentissimo Universitas Pendidikan Indonesia – @stringentissimo

6. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Surabaya memiliki Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik serta Jurusan Seni Musik, yang telah mendapat akreditasi baik oleh BAN-PT.

Dengan berbagai pilihan, mahasiswa dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan tujuan karier pribadi.

7. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar menyelenggarakan Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik yang telah terakreditasi Baik oleh BAN-PT.

UNM terkenal dengan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik-nya yang telah meraih banyak prestasi di tingkat nasional dan internasional, menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi.

8. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Tak hanya Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan (UNIMED) pun menawarkan Jurusan Pendidikan Musik yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Dalam prodi ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek musik, mulai dari sejarah, instrumen, vokal, dan genre musik yang tak terbatas di Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai budaya.

9. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung

STiMB Bandung bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kamu yang berminat mempelajari musik lebih dalam.

Dikutip dari Kompas, STiMB menawarkan dua Program Studi, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik, yang akan mendalami berbagai aspek musik, baik dalam konteks populer maupun tradisional.

Dengan fasilitas dan kurikulum yang berorientasi pada pengembangan bakat dan kreativitas, STiMB memberikan ruang untuk mengembangkan potensi dan mempersiapkan diri meniti karier dalam industri musik.

10. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selanjutnya, ada Universitas Negeri Yogyakarta yang menawarkan mata kuliah Pendidikan Seni Musik yang telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

Berada di Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, dan memiliki bertujuan untuk menghasilkan tenaga pendidik dan praktisi musik yang berkualitas.

11. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala yang berlokasi di Banda Aceh ini menyediakan Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik yang telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

Dengan fokus pada seni musik, mahasiswa yang memilih Program Studi ini akan mendapatkan pembahasan mendalam yang akan mengasah keterampilan sebagai pemain atau pencipta musik berkualitas tinggi.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer