18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Mendidik Santri Yatim, Ponpes Al-Ma’tuq Sukabumi Salah Satu Pilihan Terbaik untuk Buah Hati

Gaya hidupMendidik Santri Yatim, Ponpes Al-Ma’tuq Sukabumi Salah Satu Pilihan Terbaik untuk Buah Hati

SUKABUMIHEADLINE.com l CISAAT – Trend perubahan gaya hidup, tentunya sangat memengaruhi perilaku generasi muda Muslim di masa yang akan datang. Karenanya, menyekolahkan putra-putri kita di Pondok Pesantren (Ponpes) bisa menjadi solusi di tengah kebingungan mencari sekolah yang tepat dan baik untuk masa depan anak-anak kita.

Bagi warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya, menyekolahkan putra-putri di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, bisa memilih Ponpes Al-Ma’tuq. Lokasi tepatnya di Jalan Kadudampit, Kampung Cikaroya RT 16/03, Gunungjaya, Kecamatan Cisaat.

Pesantren yang diresmikan pada 2 Dzulhijah H atau 11 Maret 1997, ini bernaung di bawah Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, ini diresmikan oleh Duta Besar Kuwait untuk Indonesia saat itu, Syaikh Jasim Al-Mubarak.

Fasilitas Memadai

Ponpes ini memiliki visi menyelenggarakan pendidikan Islam secara optimal, dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, untuk melahirkan generasi yang unggul dalam aqidah, ibadah, dan akhlak secara integral, memiliki wawasan internasional dan mampu menghadapi tantangan global.

Ponpes Al Ma’tuq Sukabumi. l almatuq.sch.id

Didukung fasilitas dan kurikulum pendidikan yang baik, pesantren ini menjadi salah satu pesantren yang memiliki banyak murid hingga kini. Salah satu pertimbangan orang tua murid adalah karena fasilitas beserta banyaknya prestasi yang telah dimiliki.

Ponpes Al-Ma’tuq mendidik santri-santrinya  dengan menanamkan aqidah ahlussunnah dengan pemahaman salafushshalih, membina ibadah yang benar dan akhlak yang mulia, dan menanamkan cinta kepada AlQuran, sunnah, Bahasa Arab, dan seluruh Ilmu-ilmu syar’i, tanpa mengesampingkan menanamkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan demikian, santri santri lulusan ponpes ini diharapkan mampu membangkitkan semangat dakwah untuk memperbaiki kondisi umat Islam, mengajarkan ilmu-ilmu umum dan bahasa Inggris sebagai wasilah untuk dakwah.

Selain itu, para santri juga dibekali keterampilan agar mampu mandiri dan siap menghadapi tantangan zaman.

Menampung Anak Yatim dan Berbagi dengan Warga Sekitar Ponpes

Salah satu program unggulan di pesantren ini adalah menampung anak-anak yatim. Selain itu, Al-Ma’tuq juga rutin berbagi dengan warga di sekitar ponpes.

Sosialisasi renovasi rutilahu. l almatuq.sch.id

Terbaru, Ponpes Al-Ma’tuq merenovasi 18 rumah warga di sekitar pesantren, di mana sosialisasi digelar di Aula Fahad pada Rabu, 9 Maret 2022.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta yang menaungi Al-Ma’tuq dalam upaya memberikan manfaat bagi warga sekitar dalam program yang bertajuk  “Baitul Khair” atau Rumah Kebaikan.

Mudir ‘Am Pesantren Al-Ma’tuq Ustad Ade Hermansyah menjelaskan, untuk penerima bantuan Baitul Khair memiliki beberapa kriteria. “Salah satu kriterianya adalah tanah milik sendiri dengan luas minimal 35 meter persegi, kondisi rumah rusak dan pemilik rumah berusia di atas 60 tahun,” kata dia.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer