22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Menengok Keindahan Interior Masjid Al-Jabbar Sukalarang Sukabumi

KhazanahMenengok Keindahan Interior Masjid Al-Jabbar Sukalarang Sukabumi

sukabumiheadline.com – Satu lagi masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berada di Kabupaten Sukabumi, yakni Masjid Al-Jabbar yang terletak di Kampung Cimangkok, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang.

Masjid megah ini biasa digunakan sebagai tempat beribadah sekaligus beristirahat bagi umat Muslim yang tengah melakukan perjalanan.

Letak yang berada di pinggir Jalan Nasional ruas Sukabumi-Cianjur, menjadikan masjid yang diresmikan pada tiga tahun lalu, itu strategis untuk dikunjungi.

“Masjid terbilang baru di Cimangkok, Sukalarang, letaknya strategis di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur. Selasar teras dan area parkir juga luas,” kata Lutfi Setiono, salah seorang jamaah transit kepada sukabumiheadline.com.

“Masjidnya megah, suasananya tenang, letaknya ada di pinggir jalan, jadi cocok buat para musafir. Saya berharap ada petugas khusus yang merawat masjid ini,” harap jamaah lainnya, Irvan Tauramdhanny.

Interior Masjid Al-Jabbar Sukalarang. l Istimewa

Masjid Al-Jabbar Sukalarang diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum dan Wakil Bupati Sukabumi (saat itu) Adjo Sardjono, tepatnya pada Selasa (24/12/2019).

Peresmian diawali dengan Riyadhoh Khatam Al Quran yang dipimpin oleh oleh KH. Uwes Al Qorni.

Sarana Ibadah Ritual dan Sosial 

Selain menjadi tempat transit dan beristirahat umat Muslim yang bepergian, keberadaan Masjid Al-Jabbar Sukalarang juga sangat menunjang syiar agama Islam di kalangan warga sekitar.

Banyak kegiatan keagamaan digelar di masjid yang menampilkan interior warna-warna mewah, abu-abu, hitam, cokelat kayu dan emas ini, dari mulai ibadah shalat lima waktu dan Jumat, peringatan hari-hari besar Islam, hingga kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan.

Salah satu kegiatan sosial kemasyarakatan yang biasa diadakan di masjid yang dihiasi berbagai ayat AlQuran dalam bentuk ornamen kaligrafi tersebut, adalah sedekah makanan dan snack bagi jamaah Shalat Jumat, santunan yatim dan lainnya.

Interior Masjid Al-Jabbar Sukalarang. l Istimewa

Selain itu, masjid dengan tiga lantai, ini juga menjadi sarana bagi kaum Muslimah dalam memperdalam ilmu agama melalui kegiatan ceramah keagamaan, seperti pengajian rutin dan tabligh Akbar.

Untuk informasi, terdapat empat masjid milik Pemprov Jawa Barat di Kabupaten Sukabumi, yakni Masjid Raudhatul Irfan di Cibolang, Masjid Cibadak Darul Matiin, Al-Jabbar di Cikembang, dan Al-Jabbar di Cimangkok.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer