23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Mengenal Ponpes Assalam Sukabumi, Keunggulan, Fasilitas dan Biaya

KhazanahMengenal Ponpes Assalam Sukabumi, Keunggulan, Fasilitas dan Biaya

sukabumiheadline.com l Pondok pesantren di Sukabumi menjadi suatu lembaga pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ilmu agama pada anak. Ponpes memang sangat cocok diberikan sejak usia anak-anak untuk membantu mengembangkan pendidikan agama tanpa mengesampingkan pendidikan umum.

Hal ini bertujuan agar generasi muda dapat berkembang berdasarkan cerminan agama Islam.

Di era modern seperti sekarang ini di sejumlah daerah sudah banyak tersedia pondok pesantren. Terlebih untuk kawasan Sukabumi yang merupakan salah satu tempat ponpes populer di Jawa.

Bagi Anda yang sedang bingung mencari pondok pesantren terbaik serta bagus di Sukabumi untuk anak anda, maka Pesantren Assalam Sukabumi bisa menjadi solusinya.

Pesantren Assalam di Sukabumi adalah salah satu ponpes modern yang cukup mahsyur di kawasan Sukabumi. Terlebih kehadirannya di tengah berbagai pesantren lainnya yang fokus pada sisi salafiyah maupun klasik.

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai ponpes Assalam Sukabumi yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan saat ingin memasukkan putra-putri anda ke pondok pesantren.

Pesantren Assalam dirintis oleh K..Ir. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman pada tahun 1968. Lalu resmi berdiri sebagai pondok pesantren pada tahun 1983.

Identitas ponpes ini yaitu pondok pesantren modern dengan sistem ponpes gabungan antara pendidikan kitab klasik/diniyyah dan pendidikan formal. Sistem asrama di ponpes ini diatur dengan rapi selama 24 jam untuk para santrinya.

Pondok Pesantren Assalam Sukabumi
Santri putra Pondok Pesantren Assalam Sukabumi. l Istimewa

Pendidikan di Pesantren Assalam Sukabumi

Jika dilihat secara keseluruhan, untuk aspek pendidikan ponpes ini mirip seperti sistem ponpes Gontor Ponorogo. Terlebih dari warna identik serta motto ponpes yang tertera bisa terbilang hampir sama.

Maka dari itu, pendidikan yang terapkan pun hampir sama, ada dua kelas yakni jenjang sesudah SD untuk menempuh pendidikan 6 tahun. Serta jenjang sesudah SMP yang akan ditempuh selama 4 tahun.

Di ponpes Gontor, kurikulum tersebut dinamakan dengan KMI. Yakni kurikulum yang menggabungkan antara pendidikan diniyyah dan pendidikan formah dalam satu kesatuan untuk diajarkan di dalam kelas pada pagi hari. Kurikulum pendidikan ini tidak dipisah pagi formal dan sore diniyyah.

Keunggulan model pendidikan ini yaitu terdapat kombinasi antara pendidikan luar kelas dan dalam kelas demi satu tujuan. Misalnya di dalam kelas fokus pada pemahaman bahasa arab, maka saat di asrama juga menekankan pemahaman yang sama. Dengan demikian, pembelajaran dianggap berjalan lebih baik.

Di pesantren Assalam Sukabumi juga mempunyai target hafalan Al Quran. Setidaknya mampu menghafal 3 juz saat menjadi alumni. Namun semua juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing santri karena bahkan banyak yang bisa menghafal lebih dari 3 juz. Sehingga para santri akan mempunyai bekal Quran di masa depan.

Keunggulan Ponpes Assalam Sukabumi
Menurut pendapat kami pesantren Sukabumi ini mempunyai beberapa keunggulan. Misalnya dari aspek bahasa inggris dan bahasa arab yang diterapkan dengan baik. Sistem kurikulum KMI membuat aspek bahasa asing selaras baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Pondok pesantren modern Assalam Sukabumi mempunyai akreditasi A untuk jenjang MTs dan MA. Pastinya ini merupakan salah satu keunggulan yang patut dibanggakan sebab masih banyak ponpes yang belum memiliki akreditasi A untuk jenjang pendidikan formal yang sama.

Keunggulan yang ketiga yakni pendalaman kitab kuning di ponpes ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dengan kurikuler. Ponpes ini menjadikan kitab kuning sebagai aspek pendidikan bagi santri agar kemampuan yang dimiliki bisa lebih sempurna.

Pesantren Assalam juga tidak berafiliasi pada golongan tertentu, jadi siapa saja bisa masuk ke ponpes ini dan diterima dengan baik.

Ekstrakurikuler yang tersedia di ponpes ini juga cukup banyak. Ini membuktikan bahwa ponpes Assalam cukup maju. Misalnya seperti bulu tangkis, sepak bola, karate, basket dan renang. Tersedia pula marawis, kaligrafi, nasyid dan qashidah.

Santriwati Pondok Pesantren Assalam Sukabumi
Pondok Pesantren Assalam Sukabumi. l Istimewa

Fasilitas di Ponpes Modern Assalam Sukabumi

Fasilitas yang tersedia di pesantren Assalam terbilang cukup lengkap walaupun tidak terlalu wah seperti boarding school. Pesantren ini mempunyai asrama cukup nyaman, kelas dan juga masjid representatif. Bahkan ponpes ini juga memiliki kolam renang dan juga lapangan olahraga cukup lengkap.

Selain itu, cuaca yang ada di kawasan Sukabumi terkenal cukup nyaman dihiasi dengan danau buatan yang indah. Tentu ini merupakan nilai lebih tersendiri bagi pondok modern Sukabumi satu ini.

Pendaftaran Ponpes PPDB

Adapun bagi calon santri yang ingin mendaftar bisa secara offline atau online. Namun para calon santri harus mengikuti tes terlebih dahulu. Tes seleksi tersebut meliputi bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan IPA bagi lulusan SMP.

Selain itu, juga terdapat tes keislaman yaitu baca tulis Al Quram, interview dan ibadah. Calon santri juga perlu mempersiapkan administrative pendaftaran terlebih dahulu.

Biaya Masuk Pesantren Assalam Sukabumi

Untuk biaya masuk pondok pesantren Sukabumi ini adalah di bawah ini:

Putri Lulusan SD Rp12.070.000

Putra Lulusan SD Rp14.495.000

Putri Lulusan SMP Rp14.870.000

Putra Lulusan SMP Rp12.465.000

SPP per bulan Rp750.000

Kisaran biaya masuk bagi santri yang sudah dinyatakan lolos seleksi di atas sudah termasuk biaya SPP satu bulan. Selanjutnya siswa akan dikenai biaya SPP Rp750.000 setiap bulannya.

Kisaran biaya ini tergolong standar mengingat banyak sekali fasilitas yang tersedia untuk para santri nantinya. Baik untuk kegiatan ekstrakurikuler maupun kegiatan rutin selama di pondok pesantren.

Namun demikian, sebagai catatan, informasi terkait biaya bisa berubah setiap tahunnya.

Alamat Lengkap Ponpes Modern Assalam Sukabumi

Pondok pesantren modern putra terletak di Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Adapun untuk pesantren putri terletak di Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi detail, bisa juga dengan mengakses website resmi di alamat https://assalamsukabumi.or.id/.

Demikian ulasan mengenai pondok pesantren Assalam Sukabumi yang merupakan salah satu ponpes termahsyur di kawasan Sukabumi dan sekitarnya.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi ponpes terbaik untuk putra-putri anda, maka pondok ini adalah jawabannya. Di pesantren ini diterapkan kurikulum dan sistem pendidikan yang lengkap sehingga semua santri bisa lulus dengan predikat yang memuaskan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer