23.4 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Desa Ini Punya 5 Curug Indah dan Instagramable, Cuma 20 Km dari Parungkuda Sukabumi

Gaya hidupDesa Ini Punya 5 Curug Indah dan Instagramable, Cuma 20 Km dari Parungkuda Sukabumi

sukabumiheadline.com l Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau yang bisa disebut TNGHS merupakan kawasan konservasi yang ada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sudah banyak yang mengetahui tentunya bahwa kawasan ini memiliki sejumlah air terjun atau curug yang menawan.

Seperti diketahui, kawasan TNGHS menjadi penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya.

TNGHS juga memiliki dua puncak gunung tertinggi, yaitu Gunung Halimun dan Salak. Sebagai wilayah pegunungan, pesona alam di TNGHS sangat menakjubkan.

Di kawasan ini selain terdapat Curug Lembah Tepus yang berkontur bertingkat-tingkat sehingga membentuk pemandangan indah. Warna air di curug ini bening sebening air mineral.

Di bagian bawah Curug yang berada di Jl. Curug Pangeran, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, terdapat kolam alami yang tidak terlalu dalam sehingga aman untuk anak-anak bermain air dan berenang.

Selain spot menawan tersebut, juga terdapat satu desa di Kecamatan Pamijahan yang memiliki 5 curug yang tak kalah indah, yakni Desa Gunung Sari.

Letak Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor berjarak 23,42 kilometer dari Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dan bisa dijangkau melalui Kecamatan Kabandungan. Berikut ulasannya.

1. Curug Pasir Reungit

Curug Pasir Reungit. l Bayu Adji

Curug Pasir Reungit ini berada berada di jalan Gunung Bunder, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Air yang jatuh mengaliri dinding tebing awalnya begitu jernih, tetapi saat sampai di kolam permukaan airnya berubah.

Warna airnya menjadi biru muda, bahkan hijau toska yang mempesona. Air terjun setinggi 30 meter ini memberikan kesegaran yang luar biasa karena airnya yang sangat dingin.

Curug Pasir Reungit berada di Jl. Raya Gunung Salak Endah, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

2. Curug Kondang

Curug Kondang. l Wida Y

Sesuai namanya, Curug Kondang memang pantas menjadi kondang alias terkenal. Berada di tengah lembah, curug ini menawarkan suasana air terjun alami yang dikelilingi hutan. Curug ini dekat dengan parkiran hanya sekitar 5 menit berjalan kaki.

Air terjun di Curug Kondang ini memiliki ketinggian kurang lebih 15-20 meter, airnya yang biru dan jernih dijamin akan membuat wisatawan tergoda untuk merasakan sensasi kesegarannya.

Curug indah ini terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

3. Curug Pangeran

Curug Pangeran. l Istimewa

Curug Pangeran memiliki ketinggian 6 meter, berada di bagian hulu mata air Gunung Salak. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan.

Air terjun ini disebut Curug Pangeran karena ada kepercayaan di sinilah tempat pemandian para pangeran kerajaan jaman dahulu. Selain itu pemandangannya indah dan relatif sepi, membuat wisatawan merasakan nikmatnya mandi ala anak raja.

Air terjun ini terletak di Kampung Pasirleunyit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

4. Curug Goa Lumut

Curug Goa Lumut. l Istimewa

Curug Goa Lumut Indah terletak di Jalan Raya Pasir Reungit, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Salah satu daya tarik utama Curug Goa Lumut adalah keunikan air terjun yang dikelilingi tebing batu berlumut. Air di Curug Goa Lumut bening sebening kaca.

Selain itu, akses menuju curug ini sangat mudah karena tidak perlu trekking berlama-lama. Objek wisata ini cocok untuk semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Curug ini berada di Jl. Curug Cigamea, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

5. Curug Balong Endah

Curug Balong Endah. l Istimewa

Curug Balong Endah dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan masih alami, juga terdapat batu-batu alam yang cukup besar di sepanjang kolam. Curug ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, sehingga memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Curug Balong Endah memiliki beberapa tingkatan kolam pemandian, dengan kedalaman yang berbeda. Dari yang dangkal hingga dalam, Airnya berwarna biru, menyatu dengan hijaunya pepohonan di sekitar. Di sini banyak spot foto yang instagramable.

Curug ini berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah Pasir Lenyit, Jl. Curug Pangeran, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer