26.8 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Logo Baru Esemka Tiru Pabrikan Mobil China

TeknoLogo Baru Esemka Tiru Pabrikan Mobil China

sukabumiheadline.com l Pabrikan mobil lokal asal Boyolali, Jawa Tengah, Esemka, kini menggunakan logo baru jelang keikutsertaan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Logo baru Esemka jauh berbeda ketimbang desain lama. Namun, logo baru Esemka tersebut diduga meniru logo pabrikan mobil asal China, Hozon Auto.

Logo baru Esemka terungkap ke publik setelah diunggah akun Instagram IIMS mengenai keikutsertaan Esemka. Pada postingannya itu IIMS mencantumkan logo baru Esemka yang terlihat berbeda dari sebelumnya.

Tampilan logo baru Esemka ini tidak lagi menggunakan huruf ‘E’ dengan tiga lis menyerupai bendera seperti logo lama.

Sedangkan, desain logo anyar menyerupai huruf M kapital, yang diimbuhi satu garis lancip pada sisi atas dan dua garis melengkung pada sisi bawah bagian dalam huruf M logo itu.

Banyak yang menduga logo ini mirip emblem merek asal China, Hozon Auto, lantaran ada kesamaan pada tiga garis pada logo.

Tapi bedanya, logo merek China ini tak membuat pola huruf M, sementara di bawah logo tertulis nama Hozon dengan huruf kapital.

Hozon Auto sendiri merupakan merek mobil listrik China yang produknya diproduksi oleh Zhejiang Hezhong New Energy Automobile Company.

Merek ini didirikan pada 2014 bersama Beijing Sinohytec dan Zhejiang Yangtze Delta Region Institute of Tsinghua University yang berbasis di Jiaxing.

Mereka kemudian membuka Pusat Penelitian Kendaraan Otonom di Lembah Silikon California pada 2018, dan Pusat Desain yang berbasis di Beijing pada Maret 2019.

Mobil pertama Hozon NETA berupa SUV listrik bernama Eureka 01 yang diluncurkan pada Juli 2018 dengan kemampuan jarak tempuh 300 kilometer.

Diberitakan Car News Asia, logo Hozon mewakili empat terkait energi baru, yakni AI, pertumbuhan, sayap, dan inspirasi dan dipakai untuk merek Hozon.

Namun, Hozon tidak akan menjadi merek sebuah produk mobil penumpang, melainkan sebagai nama perusahaan. Merek mobil penumpang mereka akan disebut NETA.

Isyarat Kerja Sama

Kemiripan logo mengisyaratkan keduanya akan menjalin kerjasama. Terlebih ada kabar Esemka pada IIMS 2023 akan mengungkap mobil listrik perdana.

Dari foto-foto yang beredar, mobil yang diduga bakal menjadi mobil listrik Esemka adalah Neta V dan Neta U yang merupakan produk Hozon Auto, namun telah berganti emblem.

Namun sayangnya, pihak Esemka menolak berbicara lebih jauh mengenai hal tersebut. Juru bicara Esemka Sabar Budhi menyatakan akan membahas hal itu saat pameran.

“Kami akan jawab saat pameran, saya kumpulkan pertanyaannya,” ucap Sabar.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer