22.8 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Pria tewas tersambar petir saat main handphone ternyata ASN Pemkab Sukabumi

sukabumiheadline.com - Korban tewas dalam insiden tersambar...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Belasan pemotor pengguna knalpot bising diamankan Satlantas Polres Sukabumi

sukabumiheadline.com - Belasan pengendara sepeda motor yang...

Mengenal PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi

EkonomiMengenal PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi

sukabumiheadline.comBrand sepatu ternama, NIKE sangat populer di dunia. Ada banyak sebab tentunya, di antaranya faktor kualitas produk yang terjamin hingga model yang menjadi brand ambassador produknya.

Salah seorang brand ambassador produk sepatu olah raga yang didirikan oleh Pendiri Nike, Phil Knight dan Bill Bowerman tersebut, adalah pebasket basket Kevin Durant.

Namun, brand asal Amerika Serikat itu ternyata di produksi di Indonesia. Bahkan, salah satu produsen sepatu merek terkenal itu telah berdiri sejak 1989, yakni PT Pratama Abadi Industri atau lebih dikenal dengan sebutan PT Pratama.

Profil PT Pratama Abadi Industri

Untuk informasi, PT Pratama berlokasi di Jl. Raya Sukabumi – Cianjur No.Km 14, Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Namun demikian, kantor pusat perusahaan berada di Serpong, Tangerang, Banten.

Pabrik PT Pratama tersebut berdiri di atas lahan seluas di atas lahan seluas 273.934 meter persegi, dan telah memasuki periode modernisasi sejak 2011.

Dari informasi dihimpun sukabumiheadline.com, Foreign Investment Company (perusahaan investasi asing) tersebut yang memiliki sejarah terlama dalam memproduksi sepatu atletik berkualitas tinggi merek NIKE di Indonesia.

Perusahaan juga dikenal sebagai produsen sepatu yang mampu menyerap banyak tenaga kerja karena lebih banyak menggunakan tenaga manusia ketimbang mesin.

Mengutip data Bea Cukai Bogor, perusahaan memiliki karyawan sebanyak lebih dari 33.200 orang yang terbagi dalam 41 lines.

Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. - Istimewa
Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. – Istimewa

Sejauh ini, Fasilitas Kawasan Berikat yang dimiliki oleh PT Pratama menjadi bekal perusahaan ini dalam mengekspansi bisnisnya.

Menurut Manager Exim PT Pratama, Faisal, PT Pratama memiliki sistem pengamanan terbaik. Dari mulai petugas sekuriti, terpantau CCTV 24 jam, Customs Supervision Bonded Zone Area, serta Physical Check Metal Detector dan Under-Car Mirror adalah sebagian dari Main Gate Procedure di perusahaannya.

“Ada pula employee identification, yaitu pemakaian seragam berbeda warna untuk karyawan di setiap factory atau unit. Kami juga melakukan control terhadap karyawan dengan finger print dan ID Card” tambah jelas Faisal, dikutip Rabu (3/4/2024).

Selain itu, PT Pratama menerapkan ERP afau Enterprise Resource Planning System, yang mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis pada operasi produksi maupun distribusi melalui UPC Label dan UCC label scan.

Karenanya, Faisal mengklaim, keamanan produk sangat dijaga mulai dari proses stacking, stuffing, hingga sealing dan delivery.

Sementara itu, Pimpinan Cabang PT Pratama, Kim Yong Ki yang akrab disapa Mr. Kim menambahkan, perusahaannya telah menerapkan GPS Technology dan pendampingan security guard di setiap pengiriman produk sepatu NIKE yang diproduksi.

Sementara, tawaran BC Bogor kepada perusahaan terkait kesiapan PT Pratama menjadi Kawasan Berikat Mandiri, Kim menyebut bahwa dengan beragam keunggulan yang dimiliki, perusahaannya masih akan berbenah mengingat masih terdapat berbagai kendala yang dihadapi.

Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. - Istimewa
Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. – Istimewa

Pembinaan mental pegawai

Dalam hal pembinaan mental para pegawainya, perusahaan ini memberikan keleluasaan kepada buruh untuk menggelar kegiatan positif di saat libur bekerja. Dari mulai kegiatan olah raga bersama hingga kegiatan keagamaan.

Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. - Istimewa
Buruh pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. – Istimewa

Kegiatan keagamaan yang pernah diadakan di lingkungan perusahaan, antara lain adalah Tabligh Akbar dengan mengundang penceramah yang cukup populer di kalangan generasi muda Jawa Barat, Ustadz Evie Effendi.

Pabrik PT Pratama Abadi Industri produsen sepatu NIKE di Sukabumi. - Istimewa
Tabligh Akbar di Pabrik PT Pratama Abadi Industri Sukabumi menghadirkan penceramah Ustadz Evie Effendi. – Istimewa

Semua itu dilakukan tentunya agar para buruh juga memiliki memiliki tubuh yang sehat dan jiwa kuat.

Melihat review para buruh di halaman media sosial, terlihat bahwa mereka sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh perusahaan dalam berbagai kegiatan yang digelar.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer