23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Motor Listrik Honda Pertama, Spek Gahar Dapat Subsidi Rp7 Juta

TeknoMotor Listrik Honda Pertama, Spek Gahar Dapat Subsidi Rp7 Juta

sukabumiheadline.com l Sepeda motor listrik Honda, EM1 e: sebentar lagi bakal mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta. Namun, saat ini masih dalam proses mendapatkan subsidi.

“Mungkin lagi proses. Pasti dapat subsidi, dia kan perusahaan besar pasti dapat itu dia,” kata Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setyadi di sela acara Inabuyer EV Expo 2023.

Budi tak bisa memastikan kapan subsidi buat motor listrik Honda akan dimulai, namun dia menjelaskan saat ini Honda tengah mengurus Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di motor listriknya itu.

Berdasarkan aturan pemerintah, setiap model motor listrik yang mendapatkan subsidi Rp7 juta dari pemerintah mesti memenuhi sejumlah syarat. Paling utama adalah diproduksi di dalam negeri dengan TKDN lebih dari 40 persen.

Produsen motor Honda, Astra Honda Motor (AHM), sebelumnya telah mendaftarkan motor listrik EM1 e: ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) agar produk tersebut mendapat subsidi pembelian Rp7 juta per unit.

Honda EM1 e:
Honda EM1 e:. l Istimewa

Thomas Wijaya, Executive Vice President AHM, mengatakan proses sertifikasi TKDN EM1 e: bakal rampung akhir tahun.

“Saat ini kami sedang mengajukan proses untuk mendapatkan sertifikasi dari minimal batas TKDN dari pemerintah. Mudah-mudahan persetujuannya bisa kami dapat sebelum kami men-delivery ke konsumen nanti di akhir tahun atau di Desember nanti,” ujar Thomas ditemui di acara Honda Bikers Day (HBD) 2023 di Malang, bulan lalu.

Proses TKDN diharapkan bisa selesai sebelum proses pengiriman ke konsumen. Usai proses tersebut selesai, motor listrik ini baru akan mendapatkan harga resminya.

AHM pernah menyebut harga motor ini berkisar Rp40 juta – Rp45 juta (belum subsidi), termasuk pembelian baterai. Bila dibeli tanpa baterai, motor listrik perdana Honda yang dijual secara retail di Tanah Air tersebut dijual Rp30 juta hingga Rp33 juta.

EM1 e: merupakan motor listrik bergaya skutik yang memiliki dimensi ringkas. Sekilas tampilan motor listrik ini mirip Honda Beat.

Motor ini memiliki panjang 1.795 mm, lebar 680 mm, dan tinggi 1.080 mm, ukuran ini tak jauh berbeda dari Beat yang dirancang dengan panjang 1.877 mm, lebar 669, dan tinggi 1.074 mm.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer