23.2 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Pria tewas tersambar petir saat main handphone ternyata ASN Pemkab Sukabumi

sukabumiheadline.com - Korban tewas dalam insiden tersambar...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Belasan pemotor pengguna knalpot bising diamankan Satlantas Polres Sukabumi

sukabumiheadline.com - Belasan pengendara sepeda motor yang...

Prabowo Terendah, Survei Kepuasan Hasil Debat Ketiga Capres

PolitikPrabowo Terendah, Survei Kepuasan Hasil Debat Ketiga Capres

sukabumiheadline.com l  Litbang Kompas merilis survei terbaru terkait gelaran debat Pilpres ketiga pada Ahad (7/1/2024) malam. Hasilnya, secara umum kepuasan tertinggi responden untuk capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Hasil survei menunjukkan, Ganjar memperoleh 79,7 persen suara responden yang mengaku puas. 18,8 persen sisanya menjawab tidak puas, dan 1,5 persen lainnya menjawab tidak tahu.

Lalu di posisi kedua, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mendapatkan 71,4 persen yang puas; 26,3 persen yang mengaku tidak puas; dan 2,3 persen lainnya mengaku tidak tahu.

Sedangkan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, hanya 48,9 persen responden yang mengaku puas. Sisanya, 50,4 persen mengaku tidak puas; dan 0,7 persen lainnya menjawab tidak tahu.

Hasil jajak pendapat Litbang Kompas saat debat berlangsung menunjukkan bahwa 63,3 persen dari responden survei menonton acara debat, baik sendiri, bersama keluarga, maupun dalam acara menonton bersama dengan kawan atau komunitas.

Apabila dibandingkan dengan debat capres dan cawapres sebelumnya, tingkat antusiasme kali ini memang sedikit menurun. Pada debat cawapres lalu, sebanyak 66,5 persen dari responden menyatakan menonton.

Namun apabila dibandingkan dengan debat perdana, tingkat antusiasme ini mengalami kenaikan. Antusiasme publik pada debat perdana di bawah 60 persen

Litbang Kompas selanjutnya melakukan survei dengan tiga aspek yang dinilai dan ditanyakan kepada responden.

Pertama, pada aspek kemampuan menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, hasilnya Anies dan Ganjar seimbang dengan nilai 7,4 dari 10. Sementara Prabowo mendapatkan nilai 6,9.

Kedua, aspek penguasaan masalah yang didiskusikan. Responden menjawab Ganjar paling baik dengan perolehan 7,4 dari 10. Lalu Anies mendapat 7,2 dan Prabowo memperoleh 6,9.

Ketiga, aspek penampilan kandidat di atas panggung, termasuk pakaian, sikap, dan ekspresi yang ditunjukkan. Hasilnya, paling banyak Anies dengan 7,9 dari 10. Kemudian Ganjar 7,8 dan Prabowo 7,1.

Lebih lanjut, Litbang Kompas kemudian juga menanyakan, apakah pilihan Pilpres responden akan berubah setelah menyaksikan gelaran debat kedua capres itu. Jawabannya, 77,5 persen responden tetap memilih paslon sebelum debat berlangsung.

Kemudian 10,5 persen lainnya menjawab akan berubah haluan; dan 12 persen menjawab tidak tahu.

Adapun survei dilakukan melalui telepon pukul 19.30-22.00 WIB di hari yang sama. Sebanyak 210 responden dari seluruh Indonesia diwawancara.

Sampel ditentukan secara acak dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah penduduk di setiap provinsi. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian kurang lebih 6,76 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Kendati demikian, kesalahan di luar pengambilan sampel dimungkinkan terjadi. Pengumpulan pendapat sepenuhnya dibiayai oleh harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara).

CSIS juga merilis hasil survei elektabilitas para capres. Survei dilakukan sebelum debat ketiga Pilpres 2024

Elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai angka 43,7 persen. Diikuti Anies-Muhaimin 26,1 persen dan Ganjar-Mahfud 19,4 persen. Ada 4,5 persen yang tidak menjawab.

Survei CSIS dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 13-18 Desember 2023 terhadap 1.300 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer