25.7 C
Sukabumi
Jumat, Juni 14, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Paman Anwar Usman langgar etik lagi, MKMK kembali beri sanksi

sukabumiheadline.com - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK)...

PSI Daftar Peserta Pemilu 2024 pada Rabu Pon karena Hari Favorit Jokowi

PolitikPSI Daftar Peserta Pemilu 2024 pada Rabu Pon karena Hari Favorit Jokowi

SUKABUMIHEADLINE.com l Jajaran pengurus DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum atau KPU untuk mengikuti Pemilu 2024 pada Rabu, 10 Juli 2022.

Hal itu dipastikan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PSI, Satia Chandra Wiguna. Menurutnya, dalam kalender Jawa, hari tersebut jatuh pada Rabu Pon.

“Rabu Pon direkomendasikan kawan-kawan pengurus PSI sebagai hari baik. Rabu Pon juga hari favorit Pak Jokowi dalam mengambil keputusan politik bagi rakyat,” kata Chandra, Ahad (31/7/2022).

Chandra mengklaim PSI sudah menyelesaikan semua persyaratan pendaftaran KPU. Ia mengatakan data-data partai yang dipimpin eks vokalis band Nidji, Giring Ganesha itu sudah diinput 100 persen ke sistem informasi partai politik (Sipol).

“Mumpung ada waktu menunggu sampai 10 Agustus 2022, kami ingin melakukan pengecekan ulang semua dokumen sehingga benar dan sah 100 persen juga,” kata Chandra.

Diketahui, sepanjang menjadi presiden, Jokowi memang kerap mengumumkan hal penting bertepatan pada Rabu Pon yang merupakan hari kelahirannya pada 21 Juni 1961.

Jokowi kerap mengumumkan perombakan kabinet pada Rabu Pon, selain itu dia juga sempat mengumumkan perombakan kabinet pada Rabu Pahing.

KPU membuka pendaftaran partai politik ini sejak 1-14 Agustus 2022 dari pukul 08.00 – 16.00. Khusus untuk hari terakhir, waktu pendaftaran dibuka hingga pukul 23.59.

Hingga saat ini, sudah ada 39 partai politik nasional dan 8 partai politik lokal Aceh yang melakukan pendaftaran dan memiliki akun Sipol per tanggal 29 Juli 2022 pukul 13.00 WIB.

Setelah memiliki akun Sipol, partai tinggal melakukan pendaftaran keikutsertaan Pemilu 2024 di KPU.

PDIP disebut akan menjadi partai pertama yang hadir di KPU pada Senin, 1 Agustus 2022. Kemudian pada hari yang sama, menyusul Partai Keadilan dan Persatuan dan Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera, NasDem, Partai Rakyat Adil Makmur, Perindo, Partai Gelora, dan Partai Buruh.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer