22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

5 Foto Dahsyatnya Gempa Kuat Guncang Jepang, Picu Peringatan Tsunami

Internasional5 Foto Dahsyatnya Gempa Kuat Guncang Jepang, Picu Peringatan Tsunami

SUKABUMIHEADLINES.com l Gempa mengguncang Fukushima pada Rabu (16/3/2022) memicu peringatan dini tsunami dan membuat lebih dari dua juta rumah dalam kondisi gelap gulita akibat listrik dipadamkan.

Gempa bumi kuat mengguncang timur laut Jepang pada Rabu (16/3/2022) malam waktu setempat. Gempa dengan magnitudo 7,3 terjadi di Fukushima itu bahkan memicu peringatan tsunami.

Kerusakan akibat gempa bumi di Fukushima. l Istimewa

Pihak berwenang melaporkan gempa terjadi sekira pukul 23.36 waktu setempat. Badan meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan untuk gelombang tsunami satu meter di wilayah bagian pantai timur laut, dengan media lokal melaporkan gelombang 20 cm di beberapa daerah.

Kerusakan akibat gempa bumi di Fukushima. l Istimewa

Bahkan, perusahaan penyedia listrik lokal mengatakan sekitar dua juta rumah tangga mengalami blackout (putus listrik) setelah gempa terjadi. Sekitar 700.000 rumah di Tokyo dan 156.000 di timur laut Jepang.

Kerusakan akibat gempa bumi di Fukushima. l Istimewa

Dalam update terbaru, satu tewas karena gempa ini. Soma, media lokal, melaporkan bahwa seorang pria berusia enam puluhan telah meninggal.

Kerusakan akibat gempa bumi di Fukushima. l Istimewa

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa pemerintah masih berusaha untuk menilai tingkat kerusakan. Reuters menulis sedikitnya 69 terluka.

Fukushima sempat dilanda gempa dahsyat tahun 2011 dengan magnitudo 9. Ini menyebabkan 18.000 orang tewas dan menghancurkan PLT Nuklir (PLTN) Fukushima.

Kerusakan akibat gempa bumi di Fukushima. l Istimewa

Gempa itu menewaskan 18.000 orang ketika terjadi sebelas tahun lalu. Kehancuran PLTN Fukushima memicu bencana besar karena adanya radiasi akibat kebocoran nuklir.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer