25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

5+3 Wisata Alam Sukabumi yang Cocok untuk Healing atau Refreshing

Gaya hidup5+3 Wisata Alam Sukabumi yang Cocok untuk Healing atau Refreshing

sukabumiheadline.com l Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki berbagai destinasi wisata alam lengkap. Dari mulai sungai, pantai, air terjun hingga kampung adat dan arung jeram.

Tempat wisata di Sukabumi ini wajib kamu kunjungi karena menyuguhkan pesona alam yang menawan dengan udara yang sejuk. Tempat wisata di Sukabumi ini sangat cocok untuk kamu healing atau sedang dalam masa pemulihan kesehatan atau sekadar refreshing untuk menghilangkan segala kepenatan.

Tak hanya menikmati keindahan alam, kamu juga bisa menilik sejarah yang ada di sana. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang hits dan populer.

1. Jembatan Gantung Situ Gunung

Situgunung
Jembatan Gantung Situgunung. l Feryawi Heryadi

Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Jembatan fenomenal di Sukabumi ini masih satu lokasi dengan Curug Sawer di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung. Panjang Jembatan Gantung Situ Gunung ini sekitar 240 meter, dan diklaim menjadi jembatan terpanjang di Asia.

Harga tiket untuk memasuki jembatan gantung ini sebesar Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk pengunjung anak-anak. Sementara untuk biaya parkir setiap kendaraan bermotor roda dua adalah sebesar Rp3.000, dan untuk mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

Pastikan kamu mengenakan alas kaki yang tepat, karena sepanjang perjalanan, kamu akan melewati jalan setapak berbatuan. Lokasi Situ Gunung Suspension Bridge berada di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

2. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. l Istimewa
Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. l Istimewa

Geopark Ciletuh merupakan salah satu UNESCO Global Geopark yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan seluas 128 hektare ini menyimpan sejumlah tempat wisata alam yang eksotis. Geopark Ciletuh berada di 8 kecamatan di 74 desa/kelurahan di Sukabumi. Geopark ini adalah satu-satunya geopark atau taman bumi di Jawa Barat sekaligus yang pertama dan yang ke tiga di Indonesia.

Di tempat ini terdapat kawasan dengan keragaman geologi, hayati, dan budaya yang dikelola melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan.

Beberapa objek yang bisa ditemukan di tempat wisata di Sukabumi ini yaitu Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, Pulau Batik, Penangkaran Tukik dan Penumbangan. Tiket masuknya berkisar Rp3.000 – Rp10.000 saja.

3. Pondok Halimun

Kawasan objek wisata Pondok Halimun. l Istimewa
Kawasan objek wisata Pondok Halimun. l Istimewa

Tempat wisata di Sukabumi ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Tempat ini juga menyediakan camping ground bagi pengunjung yang menyukai kemping. Kamu bisa menikmati hamparan kebun teh dan curug cibeureum.

Tiket masuk untuk mobil sedan/jeep membayar Rp20.000 per unit, Rp3.000 per orang untuk pejalan kaki, sepeda motor membayar Rp8.000 per unit, untuk minibus membayar Rp30.000 per unit, sedangkan untuk Bus harus membayar Rp135.000 per unitnya. Tempat wisata ini terletak di Jl. Selabintana, kelurahan Perbawati, Kec. Sukabumi, Kabupaten Sukabumi.

4. Curug Sawer

Curug Sawer, Kadudampit. l Istimewa
Curug Sawer, Kadudampit. l Istimewa

Buat kamu yang menyukai wisata alam, Curug Sawer sangat cocok untuk destinasi kamu. Meski berada di tengah hutan, lokasinya cukup mudah dijangkau. Wisata Curug Sawer Sukabumi sangat asri, dan masih dipenuhi pepohonan yang rindang.

Serta udara yang sangat segar dan sejuk membuat kamu betah di tempat ini. Untuk bisa melihat air terjun setinggi 30 meter tersebut, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp2.500. Curug Sawer dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Lokasinya terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

5. Curug Cikaso

Curug Cikaso. l Istimewa

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya ada Curug Cikaso. Curug ini merupakan salah satu curug yang sangat menawan di kecamatan Surade, Sukabumi. Curug ini juga disebut sebagai Curug Luhur. Keunikan dari Curug Cikaso yaitu memiliki tiga air terjun yang mengalir secara bersisian. Ketiga air terjun yang bersisian ini dinamakan Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Pesona yang disuguhkan ini sangat asri, membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Sukabumi. Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp5.000, per orang, sedangkan parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp15.000, parkir motor sebesar Rp10.000, Sewa perahu Rp65.000/perahu pulang pergi, dan dapat menampung maksimal 10 orang. Alamat Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

5+1. Goa Buniayu

Goa Buniayu. l Istimewa
Goa Buniayu. l Istimewa

Tempat wisata di Sukabumi yang populer lainnya yang harus kamu kunjungi yaitu Goa Buniayu. Goa satu ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan yang menyukai petualangan. Goa ini terbentuk karena proses pengangkatan tektonik lempeng jutaan tahun lalu, kini justru menjadi tempat wisata yang menarik perhatian.

Di goa ini kamu akan menjumpai fosil-fosil koral laut di dinding-dinding goa. Objek wisata yang berjarak hanya 45 menit dari pusat Kota Sukabumi ini memiliki tiga buah gua yang masing-masing memiliki tantangan tersendiri. Namun, kamu hanya bisa memasuki dua dari tiga gua saja yang terbuka untuk umum.

Goa Buniayu ini dihiasi dengan beragam stalaktit dan stalakmit yang berusia ribuan tahun. Bahkan menariknya lagi, tempat ini kabarnya memiliki sistem gua terbaik di seluruh wilayah Asia Tenggara lho, keren kan.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini kamu hanya perlu membayar Rp5.000 saja, tergantung dengan paket jelajah gua yang kamu pilih. Selain itu, di sana juga terdapat pemandu-pemandu terlatih yang akan menemanimu saat menyusuri bagian dalam goa.

5+2. Arung Jeram Sungai Cicatih

Arung jeram Sungai Cicatih. l Istimewa
Arung jeram Sungai Cicatih. l Istimewa

Tempat wisata di Sukabumi ini akan menguji adrenalin kamu. Di Sungai Cicatih, arusnya lebih deras ketimbang di Sungai Citarik. Sebab kondisi sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, serta tantangannya lebih mendebarkan. Sungai Citatih ini memiliki air yang lebih, juga jalur yang lebih panjang, kondisi sungai lebih lebar, dan tantangannya yang lain daripada yang lain.

Sungai Citatih memang pilihan pas untuk kamu yang ingin memacu adrenalin. Namun untuk para pemula arung jeram, lebih baik mencoba Sungai Citarik terlebih dahulu. Sehingga kamu lebih mengenal lebih dahulu apa itu petualangan yang menegangkan yang siap kamu jelajahi.

Lokasinya terletak di Jl. Raya Pelabuhan Ratu No.KM, Sukaharja, Wr. Kiara, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43362. Tempat wisata ini buka dari hari Senin – Sabtu pada jam 09.00 dan tutup pada jam 17.00, hari Minggu tutup.

5+3. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar. l Istimewa

Rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang terakhir yaitu wisata sejarah. Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang terletak Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan suasana kehidupan di masa lampau. Pasalnya, di sana terdapat rumah-rumah adat yang masih dipertahankan hingga saat ini. Tak hanya rumah-rumah adat, kamu juga bisa menyaksikan acara-acara adat yang ada di sana seperti upacara Seren Taun yang diselenggarakan pada minggu pertama bulan September.

Seren Taun adalah tradisi penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit atau lumbung yang telah berlangsung sejak 600 tahun yang lalu. Untuk menuju tempat ini kamu harus menempuh jarak sekitar 174 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk berkunjung ke kampung adat ini, tiket masuknya dipatok sekitar Rp5.000 per orangnya. Jika kamu ingin menginap ada biaya tambahan lain ya.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang paling populer, dan wajib dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur akhir pekan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer