21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Ada Spot Selfie dan Meja Rias, Toilet Sultan di Sukabumi Dipuji Erick Thohir dan Jadi Contoh

Gaya hidupAda Spot Selfie dan Meja Rias, Toilet Sultan di Sukabumi Dipuji Erick Thohir dan Jadi Contoh

sukabumiheadline.com l Kehadiran toilet Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengundang decak kagum netizen dan para pengendara yang menggunakan toilet tersebut.

Tak ayal kemudian toilet SPBU ini dijuluki sebagai Toilet Sultan. Selain desain yang menarik dan elegan sehingga terkesan mewah bak toilet di hotel bintang lima, keberadaannya pun mengundang perhatian dan pujian dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Baiklah, jika Anda penasaran bagaimana detail Toilet Sultan ini, berikut ulasannya hasil pantauan sukabumiheadline.com pada Sabtu (24/11/2023) malam.

Toilet Sultan di SPBU 34-43303, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. l sukabumiheadline.com

1. Toilet Sultan Utamakan Kenyamanan Pengguna

Diketahui, toilet itu berada di area SPBU 34-43303 di Kampung Bangkongreang RT 001/001, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di seberang Kantor Kepala Desa Benda di Jalan Raya Siliwangi ruas Sukabumi-Bogor.

Wajar jika netizen Sukabumi melabeli toilet ini sebagai Toilet Sultan. Pasalnya, selain desain tampilan interior yang serba wah dengan warna interior didominasi warna krem dan putih. Karenanya, jika Anda memasuki toilet ini akan menyaksikan citra elegan dan mewah.

Saat pertama menginjakkan kaki di pintu depan toilet, Anda akan langsung melihat kursi rotan besar yang diperuntukkan mengantre sekaligus bisa digunakan untuk spot foto-foto oleh pengguna.

Sementara di sudut lain, Anda juga bisa menggunakan dua kaca rias yang saling berhadapan. Satu bisa digunakan oleh pria dengan model berdiri menempel di dinding, dan satu lagi model satu set meja rias dilengkapi kursi.

Toilet Sultan di SPBU 34-43303, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. l sukabumiheadline.com

Menurut salah seorang pegawai di SPBU tersebut, Andre, dirinya rutin membersihkan setiap sudut ruangan toilet agar semua pengguna merasa nyaman saat menggunakannya.

“Pimpinan mewajibkan agar benar-benar membuat mereka yang datang merasa nyaman,” kata dia.

Toilet Sultan di SPBU 34-43303, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. l sukabumiheadline.com

“Karena ini perintah pimpinan, toilet harus selalu bersih, ya dijalanin walaupun harus ekstra kerjanya,” imbuhnya.

Andre mengingatkan agar semua pengguna toilet agar ikut berperan menjaga kebersihan dan kenyamanan pengguna lain, salah satunya dengan tidak merokok di area SPBU, meskipun di dalam toilet.

Toilet Sultan di SPBU 34-43303, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. l sukabumiheadline.com

Untuk diketahui, di toilet ini juga tersedia masing-masing dua wastafel di bilik pria dan wanita, lengkap dengan cermin dan hiasan bunga plastik di kanan kirinya.

Benar-benar memanjakan pengguna, bukan?

2. Habiskan Dana Ratusan Juta Rupiah

Untuk informasi, terdapat 4 ruangan tempat buang air besar dan kecil yang berukuran masing-masing sekira 1,5 meter persegi, terdiri dari dua ruangan untuk wanita dan dua ruangan untuk pria.

Lantas, berapa biaya membangun Toilet Sultan tersebut?

Ternyata biaya pembangunan toilet yang dilengkapi dua jenis water closed, duduk dan jongkok, itu mencapai ratusan juta Rupiah.

“Biaya pembangunan toilet ini sekira Rp600 jutaan. Biaya sebesar itu untuk toilet dan mushala dan semua perlengkapan serta pernak-pernik interior,” kata M Irfan, pengawas SPBU 34-43303.

3. Tidak Dipungut Biaya

Dengan segala kenyamanan yang diberikan, menurut Irfan, pihak SPBU tidak memungut tarif alias gratis untuk mereka yang masuk ke toilet untuk sekadar buang air kecil dan besar.

“Semuanya gratis. Karena ini memang fasilitas umum, jadi siapapun boleh masuk untuk sekadar buang air kecil atau besar,” jelas Irfan.

Toilet Sultan di SPBU 34-43303, Cicurug, Kabupaten Sukabumi. l Istimewa

4. Pendapat Pengguna Toilet Sultan

Salah seorang pengendara yang menggunakan toilet, Taupik Rahman, mengaku turut bersyukur ada toilet keren meskipun di SPBU.

“Saya sudah lama tahu. Senang aja kampung saya makin banyak dikenal,” kata warga di sekitar SPBU itu, Sabtu petang.

“Wangi, bersih dan bikin nyaman. Saya sih bohongnya nih, setiap hari ke situ,” kata pria yang berprofesi sebagai tukang ojek pangkalan itu.

5. Dipuji Erick Thohir dan Jadi Toilet Percontohan di SPBU

Kehadiran Toilet Sultan di Cicurug ini ternyata mengundang perhatian Menteri BUMN, Erick Thohir. Dilihat di unggahan media sosial Instagram pribadinya, ia memuji desain dan kebersihan Toilet Sultan.

“Toilet SPBU Pertamina satu ini sudah layak disebut sebagai ‘Toilet Percontohan’. Setuju gak? 😄” tulis Erick di narasi video yang diunggahnya.

“Selanjutnya SPBU mana lagi nih yang mau nyusul meningkatkan pelayanan dan kebersihan toiletnya?” lanjut pria yang juga Ketua Umum PSSI itu.

“Netizen boleh tag saya kalau kebetulan nemu toilet SPBU Pertamina di kota kalian yang sudah di-upgrade.
Semoga gak cuma instagram-able, namun yang terpenting terjaga kebersihan dan kenyamanannya bagi pengunjung,” harap Erick.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer