20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Bebatuan di Situs Gunung Padang dari Sukabumi, Begini Analisa Ahli

TeknoBebatuan di Situs Gunung Padang dari Sukabumi, Begini Analisa Ahli

sukabumiheadline.com l Situs Gunung Padang telah lama menjadi perbincangan para ahli arkeologi hingga para pejabat dan politikus.

Situs megalitikum ini merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Situs ini menjadi perbincangan karena ditemukannya struktur batu yang diyakini sebagai piramida buatan manusia.

Situs ini juga dianggap sebagai situs tertua di dunia, awalnya disebut sebagai gundukan atau piramida yang mirip dengan kuil kuno Machu Picchu di Peru.

Sejumlah hasil penelitian menyebut jika Gunung Padang merupakan situs megalitikum tertua di dunia. Bahkan, usianya disebut lebih tua dari Piramida Giza di Mesir.

Sejauh ini, perbincangan memang lebih banyak soal usia Situs Gunung Padang berikut sejumlah benda peninggalan yang ditemukan di sekitar lokasi.

Belakangan muncul pertanyaan, dari mana sebenarnya asal-usul bebatuan di Situs Gunung Padang?

Pertanyaan itu pun hingga kini belum terpecahkan. Beberapa teori menyebut batu-batu itu berasal dari zaman prasejarah atau bahkan zaman purba.

Selain itu, terdapat juga spekulasi bahwa batu-batu tersebut telah dipahat sebelum ditempatkan di Situs Gunung Padang seperti saat ini.

Namun, penelitian geologi menunjukkan bahwa batu-batu tersebut merupakan bebatuan vulkanik dari gunung berapi purba yang terbentuk akibat aktivitas geologis yang juga melibatkan Sesar Cimandiri.

Seperti diketahui, Sesar Cimandiri Sesar ini memanjang mulai dari muara Sungai Cimandiri di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, lalu mengarah ke Selatan melewati Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa asal mula muasal blok batu di Situs Gunung Padang mirip dengan situs purba di Irlandia, yaitu Situs Tangga Segi Enam.

Maka situs Gunung Padang dianggap sebagai situs megalitikum dari era megalitikum, dan sisa-sisa tempat ibadah batu yang ada merupakan bukti dari hal ini.

Batu-batu di situs ini adalah batuan kolom yang terbentuk di dalam gunung berapi, namun kemudian dimanfaatkan oleh manusia.

Untuk diketahui, upaya untuk mengungkap misteri asal usul batu di situs Gunung Padang terus dilakukan.

Beberapa penelitian telah dilakukan, seperti pengukuran menggunakan teknologi georadar dan pengeboran untuk mengambil sampel batu. Namun, hasil penelitian tersebut masih memerlukan analisis lebih lanjut.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer