22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Data Penempatan TKI asal Kabupaten Sukabumi 5 Tahun Terakhir

SukabumiData Penempatan TKI asal Kabupaten Sukabumi 5 Tahun Terakhir

sukabumiheadline.com l Banyak warga asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terutama wanita yang lebih memilih mencari uang di luar negeri. Karenanya, banyak wanita Sukabumi yang kemudian memutuskan mencari kerja di berbagai negara.

Menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS, Malaysia sejauh ini masih menjadi tujuan favorit warga Sukabumi di Asia. Selain karena kedekatan budaya juga karena bahasa yang digunakan relatif mudah dipahami.

Selain itu, Hong Kong dan Taiwan juga menjadi dua negara tujuan utama para tenaga kerja Indonesia atau TKI asal Sukabumi.

Dilansir dari Open Data Provinsi Jawa Barat, jumlah penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat, diketahui jumlah TKI asal Kabupaten Sukabumi menurun signifikan dalam lima tahun terakhir.

Pada 2018, ada sekira 1.818 orang PMI asal Kabupaten Sukabumi ditempatkan di berbagai negara tujuan. Namun setahun kemudian, pada 2019, jumlah tersebut menurun hingga tinggal 1.793 orang saja.

Jumlah tersebut menurun signifikan pada 2020, yakni hanya 583 orang TKI. Sementara pada 2021, kembali turun hanya sebanyak 305 orang.

Namun, pada 2022, jumlah penempatan TKI asal Kabupaten Sukabumi kembali melonjak menjadi 944 orang.

Untuk informasi, dataset terkait topik kependudukan ini dihasilkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang dikeluarkan dalam periode satu tahun sekali.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer