23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Eka Komariah Kuncoro, Wanita Sukabumi Bersinar Sebagai Politikus dan Akademisi di Kalimantan

PolitikEka Komariah Kuncoro, Wanita Sukabumi Bersinar Sebagai Politikus dan Akademisi di Kalimantan

sukabumiheadline.com l Sosok Eka Komariah Kuncoro memang tidak terlalu dikenal warga Sukabumi, Jawa Barat. Namun, tidak berarti yang kini aktif di dunia politik ini tidak populer di bidang yang digelutinya itu.

Informasi dihimpun, Eka Komariah Kuncoro lahir di Sukabumi, 19 November 1947. Selain bersinar di panggung politik Tanah Air mewakili Kalimantan Timur, ia juga dikenal sebagai akademisi.

Sebelum aktif di ranah politik, Eka Komariah menjadi dosen pengajar di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman sejak tahun 1973 dan mengambil pensiun dini pada tahun 1999.

Ia memasuki masa pensiun dari PNS pada 2000 dan penuh berkiprah di bidang politik.

Pendidikan

Eka Komariah merupakan alumnus Institut Pertanian Bogor angkatan 1967, Osaka University for Foreign Studies pada 1976, Universitas Hokkaido pada 1977–1978, dan memperoleh gelar magister dari Universitas Negeri Washington dalam bidang penyuluhan kehutanan pada 1984.

“Saya alumni Institut Pertanian Bogor, Osaka University for Foreign Studies, Hokaido University, dan memperoleh gelar Master dari Washington State University dalam bidang Penyuluhan Kehutanan,” jelas Eka dikutip sukabumiheadline.com dari blog pribadinya, Selasa (22/1/2024).

  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Osaka (Jepang)
  • Universitas Hokkaido (Jepang)
  • Universitas Negeri Washington (Amerika Serikat).

Karier Politik 

Di dunia politik, sosok Eka Komariah Kuncoro pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur selama tiga periode, yakni dari 1987 hingga 1999 dari Partai Golkar.

Masih dari partai yang sama, Eka Komariah Kuncoro juga melenggang ke Senayan setelah terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 1999 hingga 2003.

Kemudian mulai 2004, Eka memilih keluar dari Partai Beringin dan maju sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) mewakili Kalimantan Timur. Eka terpilih dan menjabat hingga 2009.

Saat ini, Eka masih aktif berpolitik bersama Partai NasDem.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer