22.4 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Yamaha Gear Facelift Siap Meluncur, Desain Bongsor ala Skutik Maxi

sukabumiheadline.com l Yamaha kembali berencana meluncurkan skutik...

Hemat Uang Bulanan, Warga Sukabumi Mau Pasang PLTS di Rumah? Siapkan Uang Segini

TeknoHemat Uang Bulanan, Warga Sukabumi Mau Pasang PLTS di Rumah? Siapkan Uang Segini

sukabumiheadline.com l Bagi warga Sukabumi, Jawa Barat, yang sudah pusing dengan biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulan, kini bisa melakukan penghematan secara besar-besaran dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Untuk rumah tinggal, atap bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi emisi karbon.

PT PLN (Persero) melalui subholding-nya PLN Icon Plus menawarkan pemasangan PLTS atap untuk masyarakat. Bagi yang berminat, bisa menghubungi PLN untuk melakukan pemasangan.

Berdasarkan brosur PLN, biaya yang harus dikeluarkan memang terlihat sangat besar pada saat pemasangan. Namun selanjutnya, efisiensi biaya besar-besaran akan bisa dirasakan warga Sukabumi.

Adapun, biaya PLTS atap dengan daya 1 kWp sebesar Rp23,7 juta. Dengan biaya tersebut, ada potensi penghematan sebesar Rp240 ribu per bulan dan Rp2,88 juta per tahun.

Kemudian, untuk biaya PLTS atap dengan daya 2 kWp sebesar Rp37,6 juta. Dari situ, ada potensi penghematan sebesar Rp470 ribu per bulan dan Rp5,64 juta per tahun.

Lalu, untuk biaya PLTS atap dengan daya 3 kWp sebesar Rp57,2 juta. Dari situ, ada potensi penghematan sebesar Rp700 ribu per bulan dan Rp8,4 juta per tahun.

Untuk biaya PLTS dengan daya 4 kWp dikenakan biaya Rp71,2 juta. Potensi penghematan dari pemasangan PLTS atap ini sebesar Rp935 ribu per bulan dan Rp11,22 juta per tahun.

Ada juga PLTS dengan daya 5 kWp dengan biaya Rp 90 juta. Potensi penghematan dari PLTS ini Rp 1,165 juta per bulan dan Rp 13,98 juta per tahun. PLN juga menawarkan PLTS atap dengan daya yang lebih tinggi. Tentu saja, biaya yang ditawarkan juga berbeda-beda.

Untuk diketahui, harga yang tertera tersebut berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pemasangan di luar wilayah Jakarta dan sekitarnya dikenakan ongkos kirim.

Disebutkan pula, penghematan aktual tergantung pemakaian listrik di siang hari. Semakin banyak pemakaian listrik di siang hari, semakin banyak penghematan yang didapatkan. Bagi yang berminat PLTS atap ini, masyarakat bisa mengaksesnya di aplikasi PLN Mobile.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer