21.4 C
Sukabumi
Sabtu, April 13, 2024

Blueberry, sniper cantik Rusia pembantai tentara Ukraina

sukabumiheadline.com - Sosok Blueberry sangat misterius. Namun,...

Soal tangan buruh wanita asal Bojonggenteng Sukabumi putus, Latas: Disnaker harus proaktif

sukabumiheadline.com - Paskakecelakaan kerja yang terjadi di...

Kawasaki KLX dan Honda CRF Punya Penantang, SM Sport GY150 Aries Jauh Lebih Murah

TeknoKawasaki KLX dan Honda CRF Punya Penantang, SM Sport GY150 Aries Jauh Lebih Murah

sukabumiheadline.com l Persaingan di segmen motor trail sepertinya akan semakin sengit. Produsen lama dan pendatang baru terus berinovasi mengeluarkan kuda besi yang menemani bagi mereka pencinta touring.

Jika Kawasaki memiliki KX 150L dan Honda dengan CRF 150L-nya, kini hadir SM Sport GY150 Aries dengan mesin yang nyaris sama. Kehadirannya tentu dapat mengancam pabrikan asal Jepang.

Terlebih dalam hal desain, motor merek Malaysia ini juga patut diwaspadai mengingat harganya yang jauh lebih murah.

SM Sport GY150 Aries sudah dipasarkan di Indonesia melalui PTM Force, yang juga menaungi beberapa merek sepeda motor non-Jepang seperti CF Moto, Wmoto, SYM, dan lainnya.

SM Sport GY150 Aries
SM Sport GY150 Aries. l Istimewa

Meskipun namanya cukup asing, yang menarik, SM Sport G150 Aries ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp26,3 juta on the road di wilayah Jabodetabek.

Harga SM Sport GY150 Aries pun jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan trail 150 cc pabrikan Jepang yang dijual dengan harga antara Rp33 jutaan hingga Rp40 jutaan.

Spesifikasi SM GY150 Aries

Bicara soal spesifikasi, SM GY150 Aries memiliki desain styling yang agak berbeda dari trail 150 cc pada umumnya. Terrlihat seperti motor jalanan yang dilengkapi dengan kaki-kaki motor trail, terlihat dari profil busa jok yang tebal, sepasang bail belakang, dan bodi belakang yang gambot, mirip dengan motor naked.

Kapasitas tangki yang cukup besar, 12 liter, juga tergolong besar untuk motor trail. Konsumsi bahan bakar yang efisien, sekitar 2,3 liter per 100 km atau setara dengan 43 km/l, serta kapasitas tangki 12 liter membuatnya cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Untuk performa mesin, pesaing Kawasaki KLX dan Honda CRF ini dilengkapi dengan mesin silinder tunggal 149 cc SOHC 2 klep berpendingin udara, menggunakan karburator sebagai sistem bahan bakar, dan transmisi lima percepatan.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,4 tenaga kuda pada 8.000 RPM dan torsi puncak 10 Nm pada 7.500 RPM.

Meski spesifikasi mesinnya tidak terlalu istimewa, output tenaga motor ini tidak jauh berbeda dari KLX 150 series, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

SM Sport GY150 Aries
SM Sport GY150 Aries. l Istimewa

Fitur-fitur Motor Trail SM Sport GY150 Aries mencakup headlamp dan stop lamp halogen dengan lampu sein berbasis LED, serta speedometer yang menyajikan informasi lengkap seperti odometer, tripmeter, indikator PBM, lampu sen, dan indikator lampu jarak jauh.

Sementara di bagian kaki-kaki, SM Sport GY150 Aries mengandalkan suspensi depan teleskopik, suspensi belakang monoshock, dan velg jari-jari ring 21 inci di bagian depan dengan ban ukuran 275, serta velg belakang 18 inci dengan ban ukuran 410.

Sistem pengereman menggunakan cakram penuh di bagian depan dan belakang, dilengkapi dengan kaliper dua piston.

Dengan bobot kering sekira 132 kg, SM Sport GY150 Aries ini mungkin kurang cocok untuk medan offroad berat, namun masih bisa menjadi pilihan yang baik untuk medan offroad ringan atau setelah dimodifikasi menjadi motor petualangan touring.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer