18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Mengenal 5 Produk Kosmetik Halal dan Pro Palestina, 3 Alasannya Wanita Sukabumi Wajib Tahu

KhazanahMengenal 5 Produk Kosmetik Halal dan Pro Palestina, 3 Alasannya Wanita Sukabumi Wajib Tahu

sukabumiheadline.com l Di Indonesia, sertifikasi halal merupakan suatu hal familiar dan sudah menjadi hal wajib pada setiap aspek kehidupan. Pada industri kosmetik sendiri, klaim halal mulai menjadi aspek yang diperhatikan oleh konsumen beragama Muslim.

Karenanya, Wanita Sukabumi sebagai bagian dari pengguna kosmetik wajib mengetahui alasan mengapa produk kecantikan ini diwajibkan bersertifikat halal.

Pada artikel ini akan dijelaskan berbagai alasan penting kosmetik harus memiliki klaim halal. Tentu hal ini sangat membantu Wanita Sukabumi yang ingin mencoba kosmetik tanpa harus ragu dengan kehalalan dari bahan material yang terkandung di dalamnya.

3 Alasan Penting Kosmetik Harus Memiliki Sertifikasi Halal

Dilansir dari laman sucofindo.co.id, Jika membahas mengenai kosmetik dengan klaim halal yang sedang diminati, tentu wajib diketahui alasan di baliknya.

Kehadiran kosmetik halal tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia saja. Wanita Sukabumi wajib tahu mengapa kosmetik yang beredar di Indonesia harus dan wajib memiliki sertifikasi produk halal.

Adapun, beberapa alasan penting mengapa kosmetik harus bersertifikasi klaim halal dapat dijelaskan pada poin-poin di bawah ini:

1. Pemakaian Kosmetik Pada Keseharian

Diketahui bahwa tingkat pemakaian kosmetik di Indonesia beberapa tahun belakangan ini terus meningkat. Terutama pada aspek kosmetik halal, yang mana mayoritas konsumen adalah perempuan muslim.

Kosmetik sudah menjadi komoditas keseharian yang tidak dapat dipisahkan dari penggunanya. Alasan tersebut yang membuat kosmetik yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi dan klaim halal.

2. Memenuhi Peraturan Pemerintah

Hal berikutnya yang menjadi alasan pentingnya kosmetik harus memiliki sertifikasi halal adalah karena sesuai dengan peraturan undang-undang pemerintah. Kosmetik halal terlalu diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014.

Pemerintah telah mengatur sertifikasi kosmetik halal sekaligus mempertimbangkan tentang keunggulan kompetitif, bahan material pembuatan kosmetik dan lain-lain. Maka dari itu, sertifikasi dan klaim halal pada kosmetik menjadi penting saat ini.

3. Pemenuhan Permintaan Konsumen

Semakin meningkatnya konsumen kosmetik di Indonesia, semakin meningkat pula konsumen yang kritis akan kosmetik halal. Kebutuhan kosmetik halal semakin digandrungi karena variasi klaim yang memudahkan bagi konsumen muslim.

Misal, kosmetik halal tidak akan membatalkan wudhu. Lalu, kosmetik halal tentu terbuat dari bahan material yang terbebas dari bahan material haram, yang mana tidak memiliki sifat najis dan aman untuk digunakan sehari-hari.

Nah, seiring gema aksi boikot produk yang disebut pro Zionis Israel, berikut adalah daftar 5 produk kosmetik yang telah bersertifikat halal dan mendukung perjuangan warga Palestina.

1. Looke

Looke, yang merupakan bagian dari AVO Group, menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina melalui unggahan di akun Instagram resmi @theavolife. Mereka bersama Kitabisa dan Pemerintah Republik Indonesia menyumbangkan bantuan berupa makanan, pakaian, obat-obatan, uang tunai, dan bantuan siap pakai.

2. MotherofPearl

Merek kosmetik milik selebgram Tasya Farasya, MotherofPearl, juga menjadi salah satu yang mendukung Palestina secara konsisten. Tasya telah menyuarakan dukungannya melalui media sosial, bahkan membuat unggahan simbolik sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

3. Luxcrime

Tim di balik merek Luxcrime menyampaikan keprihatinan mereka terhadap krisis kemanusiaan di Palestina. Mereka telah mendonasikan sebesar Rp 50 juta melalui Baznas. Mereka juga mengajak pelanggan mereka untuk ikut serta dalam upaya bantuan kemanusiaan.

Inisiatif bantuan kemanusiaan ini menandai komitmen kuat dari merek-merek kosmetik lokal untuk tidak hanya menjalankan bisnis yang berkelanjutan, tetapi juga memberikan dukungan nyata bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam situasi krisis seperti yang sedang dialami oleh warga Palestina.

4. Studio Tropik

Merek Studio Tropik menginisiasi gerakan #ToTheRescue untuk anak-anak di Palestina dan telah mendonasikan sebesar 2.023 dolar AS (sekitar Rp 31,4 juta) melalui Palestine Children Relief Fund. Mereka juga mendorong pelanggan mereka untuk berdonasi dengan imbalan produk gratis bagi yang turut serta dalam aksi kemanusiaan.

5. Wardah, Make Over, Emina, Tavi

Produsen kosmetik ParagonCorp, yang dikenal dengan merek-merek, seperti Wardah, Make Over, Emina, dan Tavi, telah meluncurkan inisiatif kemanusiaan bagi warga Palestina.

CEO Grup ParagonCorp, Harman Subakat, menegaskan komitmennya dengan memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, selimut, pakaian, dan kebutuhan mendesak lainnya. Lebih dari itu, ParagonCorp mengirimkan 4.500 sampo Wardah dan 5.000 sabun dari produk perawatan kulit mereka, yaitu Biodef, Kahf, dan Laboré untuk kebersihan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer