21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Mengintip 5 Penampakan Desain Ibu Kota Baru Jawa Barat

NasionalMengintip 5 Penampakan Desain Ibu Kota Baru Jawa Barat

SUKABUMIHEADLINE.com l Wacana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat ke Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, telah dibantah Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ia menegaskan Ibu Kota Jabar tetap di Bandung.

Menurutnya, yang berpindah bukanlah ibu kota provinsi, melainkan pusat pemerintahan yang akan disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Tegalluar, Kabupaten Bandung. Namun itupun baru pada tahap wacana.

 

Desain kawasan Ibu Kota Baru Jawa Barat menyatu dengan Stasiun KCJB. l Istimewa
“Bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota karena itu jelas berbeda,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2022) lalu.

“Jadi Ibu Kota Jabar tetap Bandung, tapi pusat pemerintahan kantornya berkumpul di tiga kawasan potensial, yaitu Tegalluar karena pusat pertumbuhan, Walini dan Kertajati,” jelasnya.

Desain kawasan Ibu Kota Baru Jawa Barat menyatu dengan Stasiun KCJB. l Istimewa

Adapun Tegalluar disebut paling potensial menjadi lokasi wacana pemindahan pusat pemerintahan Jabar.

Hal itu disampaikannya Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi sebelumnya usai acara peninjauan di Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang dihadiri Presiden Joko Widodo bersama jajaran menterinya, sempat menyampaikan kabar pemindahan ibu kota Jabar ke Tegalluar.

BERITA TERKAIT: Ibu Kota Jawa Barat Akan Pindah, Ini Calon Kota Barunya

Desain kawasan Ibu Kota Baru Jawa Barat menyatu dengan Stasiun KCJB. l Istimewa

“Dengan adanya rencana Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi bahkan pak Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) menyampaikan ini (Tegalluar) menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Tinggal mendorong dukungan politik,” katanya kepada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Harga Tanah Melonjak

Harga tanah di Desa Tegalluar, Bojongsoang, Kabupaten Bandung yang kabarnya jadi calon ibu kota baru Jawa Barat mengalami lonjakan. Terlebih wilayah ini mendapatkan akses langsung Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB), dengan hadirnya stasiun dan depo kereta.

Desain kawasan Ibu Kota Baru Jawa Barat menyatu dengan Stasiun KCJB. l Istimewa

Dilansir cnbcindonesia.com, Head of Advisory Colliers Indonesia, Monica Koesnovagril menjelaskan harga tanah di wilayah ini memang mengalami peningkatan. Terutama setelah ada rencana penempatan stasiun kereta cepat.

Desain kawasan Ibu Kota Baru Jawa Barat menyatu dengan Stasiun KCJB. l Istimewa

“Rencana KCJB kan sudah lama bergaung, begitu pula konstruksinya yang berjalan lambat. Nah sementara dalam proses ini harga sudah naik apalagi pengembang yang sudah riil adalah Summarecon sudah set-up pengembangan mereka di situ (Gedebage). Harga sudah naik dalam proses ini,” kata Monica, Jumat (14/10/2022).

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer