22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Pamit ke Warga Jawa Barat, Nama Ridwan Kamil Diinginkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

PolitikPamit ke Warga Jawa Barat, Nama Ridwan Kamil Diinginkan Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

sukabumiheadline.com l Empat nama yang dianggap cocok menjadi pendamping sebagai calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024 terungkap.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, nama Ridwan Kamil merupakan salah satu sosok yang dianggap cocok menjadi pendamping Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Menurutnya, empat nama itu dianggap mengukir banyak prestasi, telah terbukti berpengalaman yang memiliki reputasi yang tinggi bahkan hingga level internasional.

“Kita bersyukur bangsa ini melahirkan banyak pemimpin sangat mumpuni dan berintegritas seperti Pak Erick Thohir, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwal Kamil. Saya optimistis pada Pilpres 2024 mereka tepat jika diberi amanah dari rakyat untuk menjawab tantangan bangsa ini ke depan,” kata Gus Yaqut, Senin (24/4/2023) lalu.

Yaqut menambahkan, nama-nama yang dibeberkannya tersebut juga sudah disebutkan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Menurutnya, mereka semua adalah sosok yang sudah terbukti mampu sebagai pemimpin.

“Beliau-beliau politisi yang matang dan juga berpengalaman di pemerintahan. Seperti Pak Sandi juga ahli ekonomi dan taktis, demikian juga Pak Mahfud sosok pemimpin senior yang berani dan bersih,” katanya.

Ia menambahkan, GP Ansor berharap Pilpres 2024 melahirkan pemimpin bangsa yang berkualitas, bervisi luas dan tangguh.

GP Ansor optimistis, Indonesia bisa maju karena memiliki banyak stok pemimpin yang berkualitas dan berpengalaman.

Sebelumnya Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa Ridwan Kamil cocok menjadi cawapres mendampingi dirinya di Pilpres 2024 nanti.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo. Di mata Ganjar Purnowo, Ridwan Kamil dinilai menarik untuk menjadi cawapresnya.

Ganjar Pranowo mengatakan, Ridwan Kamil merupakan temannya yang mempunyai komunikasi cukup bagus. Selain itu, citra Ridwan Kamil, kata Ganjar merupakan representasi dari anak muda.

“Ridwan Kamil teman saya, saya belajar dari medsosnya dia keren-keren medsosnya. Komunikasinya cukup bagus, representasi juga dari anak muda dan saya kenal baik,” ujarnya.

Selain menyebutkan Ridwan Kamil yang cocok menjadi cawapresnya, Ganjar Pranowo juga menyebutkan beberapa nama lainnya yang dinilai menarik juga di matanya untuk menjadi cawapres pendampingnya.

Nama-nama tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Menteri BUMN, Erick Thohir

2. Menparekraf, Sandiaga Uno

3. Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto

4. Menkopolhukam, Mahfud MD

5. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

6. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

7. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

Ridwan Kamil Pamit ke Warga Jabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil berpamitan kepada masyarakat Jawa Barat di momen Idul Fitri 2023, sekaligus menyampaikan permohonan maaf. Hal tersebut di sampaikan saat memberi sambutan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Raya Al Jabbar, pada Sabtu (22/4/2023).

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhirnya bersama Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, menjabat sebagai pemimpin Provinsi Jabar.

Selain memohon maaf atas segala kekurangan selama dirinya menjabat, Ridwan Kamil juga melaporkan bahwa Jabar telah menerima 510 penghargaan pada periode kepemimpinannya.

“Sekaligus tadi saya pamit bersama Pak Uu, karena ini mungkin Lebaran terakhir bersama,

Karena tahun-tahun depan kami tidak tahu takdir Allah seperti apa,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari TribunJabar.id, Sabtu (22/4/2023).

“Tapi minimal di hari ini kami menyampaikan permohonan maaf dan pamit, mudah-mudahan warga Jawa Barat bisa menerima plus minusnya apa yang sudah kami dedikasikan,” tutupnya.

Profil Ridwan Kamil

Ridwan Kamil memiliki nama lengkap Mochammad Ridwan Kamil yang lahir di Bandung pada 4 Oktober 1971.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut diketahui anak dari pasangan Atje Misbach dan Tjutju Sukaesih.

Sejak kecil, Ridwan Kamil mempunyai hobi membaca komik dan melihat foto dari berbagai kota di luar negeri.

Selain itu, Kang Emil sadari kecil juga sudah memiliki jiwa berwirausaha, dilihat dari ia duduk di bangku SD karena sudah menjual es mambo buatannya sendiri.

Riwayat Pendidikan Ridwan Kamil

– SD N Banjarsari III Bandung

– SMP N 2 Bandung

– SMA N 3 Bandung

– S1 ITB Jurusan Teknik Arsitektur

– S2 University of California mengambil Master of Urban Design, College of Environmental Design

Semasa sekolahnya, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai siswa cerdas yang selalu masuk rangking lima besar dan aktif berorganisasi di OSIS, Paskibra, dan klub sepak bola.

Kemudian ketika memasuki masa kuliah, Ridwan Kamil juga aktif di berbagai organisasi mahasiswa dan unit kegiatan seni. Selain itu, semangat kewirausahaannya juga tidak hilang meskipun sudah duduk di bangku kuliah.

Ketika kuliah, Ridwan Kamil juga membuat ilustrasi cat air atau maket untuk dosennya. Hal tersebut ia lakukan untuk menambah uang kuliahnya.

Perjalanan Karier

Pada tahun 2002, Ridwan Kamil memutuskan untuk pulang ke Indonesia setelah pendidikan S2-nya selesai.

Dua tahun kemudian, pada 2004, Ridwan Kamil mendirikan Urbane, sebuah firma yang bergerak di bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur, dan desain.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menjadi dosen tidak tetap di Teknik Arsitektur ITB.

Ia juga menjabat sebagai senior Urb an Design Consultant SOM, EDAW di Hongkong dan San Fransisco, serta SAA di Singapura.

Setelah sukses bersama Urban Design yang menghasilkan karya arsitektur sebanyak 44 desain dan mendapatkan beberapa penghargaan karenanya, Ridwan Kamil kemudian terjun ke dunia pemerintahan.

Pada 2013, Ridwan Kamil diusung sebagai calon Wali Kota Bandung oleh PKS dan Gerindra, berpasangan dengan Oded Muhammad Danial sebagai wakilnya.

Ridwan Kamil dan Kang Oded berhasil memenangkan kontestasi Pilkada Kota Bandung tersebut dan dilantik pada September 2013.

Selama menjabat menjadi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil diketahui mendapatkan penghargaan sebagai Wali Kota terbaik di Indonesia.

Lantaran beberapa prestasinya di dunia pemerintahan tersebut, Ridwan Kamil didapuk untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018.

Beberapa partai yang mengusung Ridwan Kamil tersebut adalah PPP, PKB, dan NasDem.

Berpasangan dengan UU Ruzhanul Ulum, Ridwan Kamil berhasil memenangkan posisi sebagai Gubernur Jawa Barat bersama pasangannya sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat dan dilantik pada 5 September 2018.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer