19.7 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

5 model rambut sebahu, pas buat Wanita Sukabumi rayakan Lebaran

sukabumiheadline.com - Tren dalam industri fesyen tak...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

PDIP memohon ke Prabowo bantu selamatkan PPP agar lolos ke Senayan

PolitikPDIP memohon ke Prabowo bantu selamatkan PPP agar lolos ke Senayan

sukabumiheadline.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap presiden terpilih Prabowo Subianto bisa membantu menyelamatkan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP agar lolos ambang batas parlemen 4% pada Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyusul kabar Prabowo yang disebut akan menemui elit PPP setelah kunjungannya ke NasDem beberapa waktu lalu.

“Kalau Pak Prabowo juga bersama-sama untuk membantu PPP ya artinya karena kesadaran sejarah itu. Sama dengan kesadaran sejarah dari PDI Perjuangan untuk membantu PPP,” kata Hasto, Senin (25/3/2024)

Hasto mengaku sangat khawatir dengan nasib PPP saat ini. Ia mengklaim pihaknya telah berusaha keras membantu PPP di Pileg kali ini.

“Kami sangat khawatir terhadap PPP, maka pada hari Sabtu pagi saya bertemu dengan Mas Awiek (Achmad Baidowi) dari PPP,” katanya.

Ia mengaku tak ingin PPP dihilangkan dari sejarah politik di Indonesia. Ia meyakini perolehan suara PPP yang tak memenuhi ambang batas parlemen berdasarkan keputusan KPU pada Rabu (20/3/2024) merupakan akibat operasi kekuasan.

Hasto juga menyebut, selain PPP, dua partai lain yang ikut mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024, juga terkena operasi untuk dikecilkan perolehan suaranya.

“Persoalan terkait dengan PPP ini karena berbagai operasi-operasi politik di mana seluruh pendukung Ganjar-Mahfud itu partainya di kecil-kecilkan, PPP, Perindo, Hanura dan PDI Perjuangan,” yakin dia.

Kurang 0,13 persen 

PPP dinyatakan tidak lolos ke DPR berdasarkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU. Partai berlambang Kabah itu hanya mengumpulkan 5.878.777 suara atau setara 3,87 persen suara sah nasional.

Dengan demikian, PPP butuh 0,13 persen untuk genap 4 persen suara agar lolos ke DPR RI.

Sementara, mantan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno, beberapa waktu lalu menyebut 200 ribu suara partainya hilang selama rekapitulasi hasil Pemilu 2024. Karenanya, PPP mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ada sekitar 200 ribu suara kita yang tidak tercatat atau hilang selama proses rekapitulasi. Jadi, itu yang kita pastikan nanti melalui proses di MK,” kata Sandiaga di akun Instagram @sandiuno, Selasa (20/3/2024).

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer