30.9 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Usaha haram jual 15 ribu butir obat saat Ramadhan, pemuda Tipar Sukabumi Lebaran di tahanan

sukabumiheadline.com - Seorang pemuda diamankan polisi karena...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Motor Matic Retro Penjegal Yamaha Grand Filano dan Honda Stylo, Harga Rp17 Juta

sukabumiheadline.com - Kehadiran motor Jialing Bugatti 125,...

Pekan Ini Ariel Tatum ke Sukabumi untuk Menari Jaipong

Gaya hidupPekan Ini Ariel Tatum ke Sukabumi untuk Menari Jaipong

sukabumiheadline.com l Ariel Tatum akan tampil menari Jaipong di Sukabumi, Jawa Barat pada pekan ini. Wanita kelahiran 8 November 1996 itu menerima tantangan Happy Salma juga akan menari Jaipong pada 8 Desember 2023.

Diketahui, Ariel Tatum dan Happy Salma akan manggung dalam Pentas Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di tanah Priangan Barat itu.

Menurut Ariel Tatum, Happy Salma memberikan tantangan kepada dirinya karena melihat ia yang mulai belajar menari Jawa.

“Tiga tahun lalu sebenarnya, saya mulai konsisten untuk menari Jawa dan lebih spesifiknya Yogyakarta tapi melakukan ini lebih tepatnya karena kesenangan pribadi,” kata Ariel Tatum, Jumat pekan lalu.

Pemeran Sayap Sayap Patah itu menilai ada perbedaan antara tari Jawa dan Jaipongan khas Sunda.

“Aku merasa nggak punya kapasitas untuk disebut sebagai penari profesional karena aku merasa menari itu sebagai bentuk meditasi yang dinamis. Ketika menari Jawa, pergerakannya banyak yang lamban dan banyak detail yang harus diperhatikan. Di olah tubuh, musik, napas, juga sebagai bentuk meditasi,” terangnya.

Ia mengungkapkan hal sebaliknya ketika menarikan Jaipongan. Ariel Tatum merasakan adanya kebebasan dalam bergerak dan berekspresi.

“Aku merasa sangat leluasa dan menyenangkan. Ternyata seru ya, sangat menyenangkan, dan ketika menceritakan sejarah Jaipongan memang tarian ini mengajak masyarakat buat menikmati dan ikutan. Tari Jaipongan sangat liberating, membebaskan, mengajak untuk menari,” ucap Ariel Tatum.

Karenanya, saat Happy Salma mengajak Ariel Tatum untuk tampil dalam pagelaran seni tradisi Sukabumi 1980 yang mengangkat seni tradisi Sunda, dia pun langsung mengiyakannya.

“Dengan semangat dan energi, juga passion yang sama akan satu hal. Menari Jaipong rasanya bikin merinding. Selama ada di Sukabumi, meski hanya beberapa saja saya langsung senang sekali menari Jaipong, sangat berkesan buat aku,” tukasnya.

Sukabumi 1980 adalah sebuah rangkaian pagelaran seni tradisi yang berasal dari Sunda. Dengan mengambil latar tempat di Sukabumi, penonton diajak untuk mengingat kembali suasana Sukabumi di tahun 1980-an ketika diselenggarakannya pentas seni rakyat di tengah-tengah masyarakat setempat.

Untuk informasi, pagelaran seni yang mengangkat kebudayaan Sunda ini akan berlangsung di Selabintana Conference Resort, Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Desember 2023, mulai pukul 16.00 WIB.

Pagelaran ini menghadirkan seni tari, musik karawitan, dan sinden; yang dipandu oleh Merwan Meryaman dan Jeni Aripin, serta dibawakan oleh seniman asli setempat dari Sanggar Seni Gapura Emas, Sanggar Gumintang, juga penampilan khusus oleh Ariel Tatum, Dewi Gita, Donna Agnesia, Kiara Anjar Candrakirana, dan Happy Salma.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer