20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Pengamat: Pelan tapi Pasti Massa NU Solid Dukung AMIN

PolitikPengamat: Pelan tapi Pasti Massa NU Solid Dukung AMIN

sukabumiheadline.com l Hasil survei terbaru Politika Research and Consulting (PRC) mengungkap elektabilitas Anies Baswedan mengalami kenaikan menjadi 18,3 persen pasca mendeklarasikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres.

Survei PRC dilakukan pada 7-12 September 2023 ini menemukan elektabilitas Anies naik dari hasil survei di bulan April yang hanya sebesar 14 persen.

Laporan bertajuk ‘Peta Politik Jawa Timur Pasca-Deklarasi Pasangan AMIN’ ini juga menunjukkan elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin berkisar 18-19 persen dari 3 simulasi.

Sementara dukungan dari warga NU kepada Muhaimin Iskandar berpasangan dengan Anies Baswedan mencapai 54,7 persen.

Naiknya elektabilitas Anies Baswedan sebesar 4 persen ini ditanggapi Dosen Pascasarjana Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Ahmad Sahidah.

“Wajar, karena baru deklarasikan. Teman-teman NU juga baru memulai untuk mendukung Cak Imin,” jelas Ahmad, Senin (18/9/2023) lalu.

Ahmad mengaku yakin dukungan dari warga NU akan semakin kuat kepada pasangan AMIN seiring dengan gencarnya sosialisasi. Ia menilai hubungan emosional NU dengan PKB sangat kuat dan sudah terbina lama.

Namun, ia mengakui jika NU struktural terutama di tingkat pusat ada yang tidak mendukung pencalonan cicit dari salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri, yang akrab disapa Cak Imin itu.

“Kita pun tahu peta politiknya. Tapi saya pikir relatif kehadiran pasangan ini (AMIN) bisa diterima di pesantren. Karena ikatan emosionalnya sudah terbina sejak dulu. Menurut saya pelan tapi pasti (massa NU) akan solid (dukung AMIN),” kata dia.

Menurut Ahmad, anak dari salah satu pendiri NU lainnya KH Hasib Wahab Hasbullah juga sudah menyatakan dukungan, bahkan menyebut 70 persen warga NU akan mendukung Cak Imin. Menurutnya, pernyataan anak dari pendiri NU itu merupakan dukungan konkret kepada Anies-Muhaimin.

“Saya pikir itu merupakan dukungan moral yang kuat untuk pasangan ini berkontestasi di 2024,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ahmad mengimbau sosialisasi tentang pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) perlu dilakukan lebih masif ke seluruh daerah, terutama Jawa Timur yang menjadi basis NU dan PKB.

“Sebab baliho-baliho Anies-Cak Imin itu baru masuk ke Tapal Kuda (Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo) empat hari yang lalu,” jelasnya.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer