21.4 C
Sukabumi
Sabtu, April 13, 2024

Blueberry, sniper cantik Rusia pembantai tentara Ukraina

sukabumiheadline.com - Sosok Blueberry sangat misterius. Namun,...

Soal tangan buruh wanita asal Bojonggenteng Sukabumi putus, Latas: Disnaker harus proaktif

sukabumiheadline.com - Paskakecelakaan kerja yang terjadi di...

Review Uji Senyawa TDS semua AMDK, Ini yang Terendah dan Paling Layak Diminum

TeknoReview Uji Senyawa TDS semua AMDK, Ini yang Terendah dan Paling Layak Diminum

sukabumiheadline.com l Air minum dalam kemasan (AMDK) kini seakan telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Ada banyak merek AMDK seperti Aqua, Vit, Ades dan lain sebagainya. Bahkan, Sukabumi menjadi salah satu daerah dengan produsen AMDK terbanyak di Indonesia.

Lantas, manakah air minum dalam kemasan yang benar-benar aman untuk diminum?

Untuk memastikan AMDK tersebut cukup aman, terdapat beberapa standar dan uji menggunakan alat laboratorium agar bisa dipastikan air minum dalam kemasan tersebut bagus.

Jika mengutip Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010, standar TDS untuk air minum di Indonesia adalah 500 MG/L.

TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solid, atau campuran senyawa anorganik, termasuk garam, logam berat, serta berbagai jenis senyawa organik yang mampu larut dalam air.

TDS dalam air menjadi salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan air minum menjadi keruh dan mengalami pengendapan alami.

Jika air diminum tanpa proses penyaringan, jumlah padatan terlarutnya bisa menjadi pemicu berbagai penyakit, bahkan yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa dalam jangka waktu lama.

Meskipun Permenkes 492/Menkes/Per/IV/2010 mengatur tentang kualitas air minum demgan menetapkan batas maksimum TDS 500 MG/L, namun angka ini masih dianggap tinggi untuk dikonsumsi manusia.

Oleh karena itu, meskipun air telah memenuhi standar air minum, disarankan untuk mengimplementasikan sistem membran nanofiltrasi guna menurunkan kadar TDS lebih lanjut.

Dikutip sukabumiheadline.com dari Youtube Fadlullah pada 29 Februari 2024 yang menguji kadar TDS dalam merk AMDK untuk memastikan mana yang memiliki kadar TDS paling rendah dan aman.

Bisa dipastikan nilai TDS yang paling rendah adalah air minum dalam kemasan dengan kualitas terbaik karena senyawa anorganiknya sedikit.

Hal ini tidak termasuk bahan organik yang terkadang secara alami terdapat di air, bahkan beberapa zat seperti mineral dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Di sisi lain, berbagai zat tersebut juga dapat berbahaya apabila dikonsumsi lebih dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut rangkuman hasilnya:

  • Pristine Hasil TDS: 100
  • Nestle Pure Life Hasil TDS: 71
  • Crystaline Hasil TDS: 123
  • Aqua Hasil TDS: 105
  • Ades Hasil TDS: 60
  • Indomaret Hasil TDS: 156
  • Indomaret pH 8 Hasil TDS: 80
  • Club Hasil TDS: 155
  • Alfamart Hasil TDS: 127
  • Vit Hasil TDS: 167.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer