25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G Murah dengan Stylus S Pen

TeknoSamsung Tab S9 FE, Tablet 5G Murah dengan Stylus S Pen

sukabumijeadline.com l Samsung resmi meluncurkan lini tablet Galaxy Tab S9 FE (Fan Edition) series di Indonesia 10 Oktober 2023. Samsung Tab S9 FE merupakan versi murah dari lini flagship Galaxy Tab S9 yang dirilis pada Juli lalu.

Ada dua model tablet yang dijual, yakni Samsung Galaxy Tab S9 FE versi “reguler” dan Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus.

Fitur Samsung Tab S9 FE

Samsung Tab S9 FE memiliki fitur unggulan layar seluas 10,9 inci, chipset Exynos 1380 berfabrikasi 5 nm, sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP68, serta pena digital (stylus) S Pen.

Fitur IP68 pertama kali hadir di tablet Samsung Galaxy Tab S9, S9 Plus, dan S9 Ultra kemudian diwariskan ke model FE. Namun, untuk model “murah” dari Galaxy Tab S9, ada beberapa spesifikasi yang dipangkas.

Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G dengan Stylus S Pen. l Istimewa
Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G dengan Stylus S Pen. l Istimewa

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 FE

Samsung Tab S9 FE memiliki spek sedikit berbeda dengan Tab S9 “reguler”, yakni intuk materi layar, refresh rate, dan resolusi kamera.

Untuk model Samsung Tab S9 FE dengan konektivitas 5G, dari segi tampilan didominasi warna putih. Pada bagian depan boks, terdapat ilustrasi tablet S9 FE beserta pena digital.

Kemudian, terdapat teks “Galaxy Tab S9 FE 5G” berwarna hitam di bagian bawah yang menunjukkan tablet tersebut memiliki konektivitas 5G, bukan Wi-Fi. Sedangkan untuk model Wi-Fi, terdapat tulisan “Galaxy Tab S9 FE”.

Untuk model 5G, selain dilengkapi kartu garansi resmi, juga SIM card ejector, kabel pengisian daya, dan stylus S Pen, dan tanpa kepala charger (adapter), sehingga pengguna yang membutuhkan harus membeli adapter secara terpisah.

Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G dengan Stylus S Pen. l Istimewa
Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G dengan Stylus S Pen. l Istimewa

Desain dan Tampilan 

Tablet ini mempunyai dimensi 165,8 mm (tinggi) x 254,3 mm (lebar) x 6,5 mm (ketebalan) dengan bobot 524 gram dengan garis berwarna gelap di kiri dan kanan sehingga desainnya tidak monoton.

Dengan ukuran ini, tablet mid-range ini tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa, termasuk ketika menggunakan satu tangan ketika mengoperasikan tablet dalam posisi potret. Sementara, penggunaan dua tangan lebih nyaman saat mengoperasikannya dalam posisi landscape.

Namun, tablet ini sepertinya dirancang untuk digunakan secara landscape karena posisi kamera selfie berada di tengah, ketika tablet digunakan secara horisontal. Sedangkan untuk kamera selfie terletak berada di bagian pinggir kanan tablet, jika dioperasikan secara vertikal.

Kelebihan lainnya, Samsung Tab S9 FE dibuat dari bahan logam, sehingga kokoh dan tidak mudah rusak. Namun demikian, ada baiknya menambahkan casing untuk melindungi punggung sekaligus kamera belakang.

Sisi depan dan bodi samping Samsung Galaxy Tab S9 FE mengusung layar LCD seluas 10,9 inci dengan resolusi WUXGA Plus (2.304 x 1.440 piksel), refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits, dan kedalaman 16 juta warna.

Spesifikasi layar ini mengalami penurunan dari Samsung Tab S9 yang dibekali panel Dynamic AMOLED 2X seluas 11 inci, dengan refresh rate 120 Hz.

Dengan refresh rate ini, pengalaman pengguna akan lebih mulus ketika sedang menjelajahi internet, berpindah dari satu tab ke tab lainnya, bermain game, hingga multitasking.

Samsung Tab S9 FE juga mendukung fitur Vision Booster, sehingga layar akan tetap terlihat jelas meski digunakan di bawah terik sinar matahari.

Selain itu, terdapat perlindungan mata dari paparan sinar biru layar, sehingga pengguna bisa memanfaatkan tablet dalam waktu lama, baik untuk menonton film maupun produktivitas.

Di tengah atas layar, terdapat sebuah kamera selfie ultra wide dengan resolusi 12 MP. Kamera ini disisipkan dalam bingkai (bezel) layar tablet.

Sementara di bagian kanan tablet, ada speaker dan port USB-C untuk pengisian daya. Sementara bagian kiri perangkat dilengkapi dengan speaker, mikrofon, dan slot kartu SIM serta microSD.

Meskipun speaker ini diturunkan dari empat (quad) di Samsung Tab S9 menjadi dua di versi FE, namun speaker berteknologi Dolby Atmos ini tetap bisa menghasilkan suara keras dan jernih. Sehingga, cocok digunakan untuk menonton film atau bermain game.

Di bagian atas tablet diramaikan oleh dua mikrofon, tombol volume, dan tombol daya (power) yang merangkap sebagai pemindai sidik jari (fingerprint).

Sementara di bagian bawah, Anda bisa menemukan semacam pin dan lubang kecil yang berguna untuk memasang aksesori Book Cover Keyboard yang dijual secara terpisah dari tablet.

Dibekali stylus S Pen Paket penjualan Samsung Galaxy Tab S9 FE sudah mencakup pena digital alias stylus S Pen, yang digunakan untuk menyokong produktivitas pengguna.

S Pen berfungsi untuk melakukan pencatatan dengan menggunakan aplikasi bawaan di tablet tersebut, yakni Samsung Notes dan Goodnotes. Selain itu, pena juga dapat dimanfaatkan untuk menggambar, mewarnai, mengambil tangkapan layar, dan untuk melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan presisi.

Samsung juga mengeklaim tablet ini bisa tahan terhadap air tawar dengan kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Kendati begitu, Samsung tidak menyarankan tablet ini digunakan di pantai atau kolam renang, karena airnya bersifat korosif.

Jadi, perlindungan ini bisa dikatakan dibuat untuk mencegah kerusakan tablet, ketika pengguna sedang kehujanan atau menjatuhkan perangkat ke dalam air secara tak sengaja.

Kamera

Kamera selfie Samsung Galaxy S9 FE beresolusi 8 MP yang mampu menangkap objek dengan cukup baik. Kemudian untuk kamera selfie beresolusi 12 MP, hasilnya juga cukup baik. Gambar tidak pecah dan terlihat cukup jelas, terutama di lingkungan yang cukup cahaya.

Kamera selfie dan kamera utama Samsung Tab S9 FE memiliki sejumlah fitur menarik untuk dicoba, mulai dari Night Mode, Panorama, Hyperlapse, Pro, hingga Food. Fitur-fitur ini memiliki fungsi berbeda.

Harga

Samsung Galaxy Tab S9 FE Wi-Fi Only (6/128 GB) dibanderol seharga Rp6.499.000. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Tab S9 FE 5G (6/128 GB) dijual Rp7.499.000.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer