21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Warga Indonesia Tidak Perlu Khawatir Bawa Bekal Rupiah ke 5 Negara Ini

InternasionalWarga Indonesia Tidak Perlu Khawatir Bawa Bekal Rupiah ke 5 Negara Ini

SUKABUMIHEADLINE.com l Tidak banyak yang tahu bahwa selain di Indonesia sebagai si empunya Rupiah, mata uang kebanggaan penduduk Tanah Air ini juga digunakan di lima negara lain sebagai alat transaksi.

Lantas, negara mana sajakah yang menggunakan Rupiah sebagai alat transaksi?

Berikut adalah daftar negara pengguna Rupiah dalam melakukan transaksi dirangkum sukabumiheadline.com dari berbagai sumber.

5. Papua Nugini

Papua Nugini adalah salah satu negara tetangga di wilayah paling timur Indonesia. Di negara ini, Rupiah dipergunakan sebagai alat transaksi yang sah, selain mata uang Kina Papua Nugini.

Hal itu disebabkan Papua Nugini berbatasan langsung dengan Papua, sehingga keduanya saling membutuhkan.

4. Timor Leste

Meskipun sudah lepas dari Indonesia sejak sekira 20 tahun silam, sehingga memiliki mata uang sendiri, tapi Rupiah masih banyak digunakan di negara kecil tersebut sebagai alat pembayaran yang sah.

Hal ini dikarenakan, wilayah Timor Leste masih berada di area Indonesia. Sehingga masyarakatnya masih menggunakan Rupiah. Selain itu, mata uang asing yang juga laku di negara tersebut, adalah Dolar Amerika Serikat.

3. Thailand

Berikutnya, negara yang juga terjadi transaksi dengan menggunakan Rupiah, adalah Thailand. Di negara tersebut, selain Bath, Rupiah juga digunakan untuk kegiatan transaksi.

Hal itu karena banyak turis asal Indonesia yang melancong ke Thailand. Sehingga, para pengelola wisata hingga tempat menjual oleh-oleh, selalu menyediakan rupiah sebagai alat tukar transaksinya.

2. Malaysia

Seperti halnya Papua Nugini, Malaysia juga berbatasan langsung dengan Indonesia di wilayah utara, terutama di Pulau Kalimantan. Sehingga, wajar jika sebagian masyarakatnya menggunakan Rupiah, sebagai mata uang transaksi selain Ringgit.

Kehadiran pelancong asal Indonesia yang datang ke Negeri Jiran itu, mulai dari liburan, bisnis hingga keberadaan para tenaga kerja Indonesia (TKI), membuat Rupiah banyak digunakan untuk transaksi.

Namun begitu, penggunaan Rupiah di Malaysia relatif terbatas, hanya beberapa kawasan seperti mal dan tempat penjualan oleh-oleh.

1. Arab Saudi

Negara kelima yang juga menggunakan Rupiah sebagai alat transaksi, adalah Arab Saudi. Hal itu karena negara dengan mata uang resmi Riyal, itu banyak terdapat TKI. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan kuota jamaah haji dan umrah terbanyak di dunia.

Karenanya, umat Muslim Indonesia yang mengunjungi Tanah Suci tidak akan kesulitan untuk jajan menggunakan mata uang Rupiah saat transaksi, atau menukar Rupiah. Banyaknya pebisnis asal Indonesia terutama pengusaha kuliner, menjadi alasan sahih Rupiah banyak digunakan untuk transaksi.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer