22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Akhir Hayat Pembuat Kartun Nabi Muhammad di Bawah Perlindungan Polisi

InternasionalAkhir Hayat Pembuat Kartun Nabi Muhammad di Bawah Perlindungan Polisi

sukabumiheadline.com l Kurt Westergaard, seorang kartunis asal Denmark tetiba terkenal akibat ulahnya menggambar karikatur Nabi Muhammad SAW tengah mengenakan sorban, itu diberitakan telah meninggal dunia akibat sakit menahun yang dideritanya.

Selasa, 20 Juli 2021, salah satu surat kabar Denmark Berlingske seperti dilaporkan CNN, melaporkan kematian kakek berusia 86 tahun tersebut, dengan mengutip informasi dari keluarganya.

Karikatur Westergaard tentang Nabi Muhammad memicu kemarahan umat Muslim di semua penjuru bumi. Banyak pihak menilai jika ia telah mengolok-olok sosok suci dalam ajaran Islam.

Karya pria yang memiliki lima anak, sepuluh cucu, dan satu cicit tersebut pertama kali diterbitkan surat kabar Denmark Morgenavisen Jyllands-Posten pada September 2005. Sayangnya, beberapa surat kabar judtru malah mencetak ulang gambar tersebut pada awal 2006 sebagai bagian dari perdebatan tentang kebebasan berbicara.

Alhasil, sempat terjadi pemboikotan produk-produk Denmark dan penutupan beberapa kedutaan Denmark di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, walaupun pada saat itu Westergaard menyatakan jika ia hanya ingin berbicara soal kebebasan berekspresi.

“Saya ingin dikenang sebagai orang yang memperjuangkan kebebasan berbicara,” kata Westergaard dalam kutipan yang diterbitkan oleh Berlingske, dilansir CNN. “Tapi tetap saja ada seseorang yang akan mengingat saya sebagai setan yang menghina agama satu miliar orang,” imbuhnya.

Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ia hidup di bawah perlindungan pihak kepolisian Denmark. Bahkan, Februari 2011, pengadilan negara itu memvonis seorang warga negara Somalia sembilan tahun penjara atas tuduhan percobaan penyerangan terhadap Westergaard setahun sebelumnya.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer