22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Mantan Ketum PBNU, Said Aqil Siroj Masuk Timnas Anies-Cak Imin

PolitikMantan Ketum PBNU, Said Aqil Siroj Masuk Timnas Anies-Cak Imin

sukabumiheadline.com l Mantan Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Selain itu, Said Aqil juga kemungkinan menjadi bagian dari Timnas AMIN.

Seperti diketahui, Mustasyar PBNU KH. Said Aqil Siroj sebelumnya mengungkapkan dukungannya kepada duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau disingkat AMIN dalam Pilpres 2024.

Ia menyanjung pasangan AMIN dengan menyebutnya sebagai duet ideal.

“Pak Anies dan Gus Muhaimin ini dua-duanya santri. Para nahdliyin sudah ngerti mana yang santri mana yang bukan. Baca Fatihahnya fasih mana yang nggak bisa baca Fatihah ya ngerti,” kata Kiai Said di sela resepsi puncak peringatan Hari Santri Nasional di Ponpes API Tegalrejo, Magelang, Ahad (22/10/2023).

Cucu dan Cicit Pahlawan Nasional 

Said Aqil juga menyinggung sosok Anies yang merupakan cucu dari Pahlawan Nasional, Abdurrahman (AR) Baswedan yang berasal dari Kuningan, Cirebon. Sedangkan Cak Imin, adalah cicit pendiri NU yang juga Pahlawan Nasional, KH. Bisri Syansuri.

Said Aqil juga tak canggung mendoakan AMIN terpilih menjadi presiden dan wakil Presiden pada Pemilu 2024.

“Yang saya banggakan, panglima santri, mantan tetangga saya, Gus Dr. Abdul Muhaimin Iskandar. Insyallah wakil presiden tahun 2024-2029,” ujar Said Aqil.

Kemudian, pengasuh Ponpes Luhur Al-Tsaqafah ini juga memompa semangat seluruh santri untuk percaya diri. Dia menyebut santri sebetulnya sangat kaya karena santri adalah sosial kapital yang punya potensi besar mewarnai Indonesia.

“Kita ini kaya, konon katanya santri Indonesia jumlahnya 4 juta lebih. Punya ayah punya ibu, punya anak, saudara, sudah berapa itu. Ini kekayaan ijtimaiyah miliknya para santri. Kalau di-manage dengan baik, kalau ditertibkan dengan baik, kalau solid pasti yakin Pak Anies dan Pak Muhaimin menang,” ujar Said Aqil.

Said Aqil melanjutkan, tugas kiai dan santri adalah memilih pemimpin yang benar.

“Siap memilih pemimpin yang benar? Siap (jawab para santri). Kapan lagi kalau bukan sekarang. Menang itu wajib, kalah itu dosa,” ujarnya dihadapan sejumlah ulama, seperti KH. Zamzami Mahrus Lirboya, KH. Athoillah Lirboyo, KH. Ahmad Badawi Basyir dari Kudus, KH. Abdussalam Shohib dari Jombang, Romo Surosa Malang dan selaku tuan rumah KH. Yusuf Chudlori Magelang.

Sementara, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengungkapkan harapannya agar Said Aqil menjadi bagian dari tim pemenangan pasangan yang diusung Partai NasDem, PKB dan PKS tersebut.

“Tentu kami juga berharap misalkan Kyai Aqil Sirad ada di tim resmi pasangan AMIN. Karena beliau kan tidak punya kaitan dengan jabatan, beliau memang tokoh yang selama ini dituakan dan beliau selama ini memberikan arahan dukungan kepada pasangan AMIN,” kata Jazilul, Senin (23/10/2023).

Jazilul kemudian mengatakan Said Aqil kemungkinan akan masuk menjadi bagian dari timnas AMIN. Dia meminta semuanya untuk menunggu pengumuman Timnas AMIN secara formal.

“Tentu nanti formalnya tunggu saja nanti kita umumkan siapa tokoh-tokoh di NU maupun di luar NU yang akan sama-sama memberikan dukungan kepada AMIN untuk masuk timnas. Insyaalah Kiai Said akan masuk di dalam daftar,” tuturnya.

Jazilul menyampaikan PKB sudah berkomunikasi dengan Said Aqil terkait hal tersebut. Jazilul mengaku akan sangat senang jika Said Aqil mau bergabung menjadi ketua timnas AMIN.

“Sudah ada komunikasi, sudah ada istilahnya pendekatan-pendekatan. Namun tentu harus final ya, nanti finalnya setelah semuanya tersusun secara rapih. Saya senang secara pribadi apalagi kalau Kuai Said jadi Ketua Timnas,” kata Jazilul.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer