25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Pramudya Kusumawardana, Atlet asal Sukabumi Mundur dari Pelatnas PBSI karena Pilih ke Australia

OlahragaPramudya Kusumawardana, Atlet asal Sukabumi Mundur dari Pelatnas PBSI karena Pilih ke Australia

sukabumiheadline.com l Pemain ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana memutuskan berhenti dari Pelatnas PBSI. Ia ingin melanjutkan sekolah di Australia.

Hal itu disampaikan Pram, panggilan karibnya, lewat keterangan tertulis PP PBSI, pada Senin (18/12/2023).

Sosok pria yang hobi membaca buku itu belakangan menjadi perhatian netizen dan para pecinta badminton tanah air.

Pasalnya, Pramudya Kusumawardhana yang pernah menjadi salah satu atlet tervaforit di ajang SEA Games 2021, digelar pada 2022 lalu di Vietnam, pilihan netizen ini terbilang memiliki paras rupawan.

Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa
Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa

Pebulutangkis kelahiran Sukabumi, 13 Desember 2000 itu pun menyebutkan sejumlah poin yang menjadi alasan pengunduran dirinya. Baca lengkap: Biodata dan Prestasi Pramudya Kusumawardana, Atlet asal Sukabumi Terfavorit se-Asia Tenggara

“Poin pertama adalah kesehatan mental saya sedang tidak bagus. Hal ini tidak bagus untuk keseharian saya karena hal ini memiliki efek terhadap kehidupan saya, sehingga saya membutuhkan istirahat,” kata Pramudya.

“Poin kedua ialah pendidikan. Saya masih mementingkan pendidikan. Sebagian orang sudah tahu saya akan menekuni pendidikan Sports Science dan Sport Psychology. Saya ambil studi di luar karena merasa sistem di Indonesia belum mendukung untuk atlet profesional.”

“Poin ketiga yakni perebutan Olimpiade, banyak hal yang harus disiapkan dan tidak selesai begitu saja. Saya rasa untuk ke sana, saya tidak punya kapabilitas atlet di Olimpiade berdasarkan progres dan statistik mengingat Indonesia punya historis yang besar di ajang tersebut.”

Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa
Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa

“Poin terakhir, saya juga sebagai manusia biasa, saya punya pikiran dan impian serta target sendiri. Saya punya target sendiri kapan untuk mengambil keputusan,” ungkap Pramudya.

Pramudya sendiri sejatinya telah memiliki niat untuk undur diri sejak awal 2023 silam. Dengan perhitungan yang matang, Pramudya kemudian berbicara dengan pelatih mengenai kesehatan mental yang terganggu sehingga akhirnya memutuskan untuk gantung raket.

“Keputusan yang saya ambil sangat panjang. Sempat di tengah jalan terpikir untuk langsung melanjutkan studi. Saya kemudian berbicara dengan pelatih membicarakan hal ini dan juga telah berusaha di beberapa turnamen di Japan Masters dan China Masters 2023 untuk berusaha keras agar mendapat hasil maksimal. Setelah turnamen itu kemudian keputusan saya akhirnya bulat untuk mundur,” kata Pramudya.

Pramudya lantas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama ini berkarier di bulutangkis mulai dari PBSI, PB Djarum, hingga Badminton Lovers.

“Saya terima kasih kepada PBSI yang sudah merahasiakan hal ini dan Djarum yang juga memberikan kepercayaan dan dukungan buat karier bulutangkis saya. Saya ucapkan terima kasih dan doa terbaik untuk bulutangkis Indonesia,” Pramudya mengungkapkan.

Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa
Pramudya Kusumawardana, Atlet Terfavorit SEA Games 2022 Asal Sukabumi. l Istimewa

Pramudya sendiri tercatat menjadi bagian dari PBSI sejak 2018 dengan pernah bermain di sektor ganda campuran. Saat berpasangan dengan Ribka Sugiarto, Pramudya pernah menjadi juara India Junior International 2018 seusai mengatasi perlawanan rekan satu negaranya, Leo Rolly Carnando/Metya Inayah Cindiani 21-16, 21-12.

Saat bermain di sektor ganda putra, Pramudya pernah berpasangan dengan Rehan Naufal Kusharjanto, Ghifari Anandaffa Prihardika, dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Tercatat pemain asal Sukabumi itu moncer saat berpasangan dengan Yeremia ketika meraih beberapa gelar seperti Spain Masters 2021, Belgian International 2021, hingga Badminton Asia Championships 2022.

Pasangan Pramudya/Yeremia yang memulai debut di The 28th Iran Fajr International Challenge 2019 itu bahkan mengoleksi dua medali SEA Games dengan perincian satu emas dan satu perak.

Pada edisi 2021 di Vietnam, pasangan berjuluk The Prayer itu harus puas dengan raihan perak seusai pada partai final kalah dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dengan skor 17-21, 19-21.

Adapun pada tahun berikutnya di edisi SEA Games 2023, Pramudya/Yeremia meraih medali emas seusai menumbangkan ganda putra Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dengan skor 21-17, 21-19.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer