20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

Roket Hamas Serang Ibu Kota Israel, Masjid di Lebanon Dihancurkan IDF

InternasionalRoket Hamas Serang Ibu Kota Israel, Masjid di Lebanon Dihancurkan IDF

sukabumiheadline.com l Pejuang Hamas diberitakan menembakkan rentatan roket ke Tel Aviv, pada Kamis (12/10/2023). Serangan diklaim sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang dua kamp pengungsi di Gaza.

“Brigade Ezzedine Al Qassam menembakkan roket ke Tel Aviv sebagai respons terhadap (serangan Israel) yang menargetkan warga sipil di kamp Al Shati dan Jabalia,” kata Hamas, dikutip dari kantor berita AFP.

Dikabarkan, sebelumnya puluhan serangan udara pasukan Israel pada Kamis pagi menargetkan kamp Al Shati dan di utara Jalur Gaza yang mengakibatkan enam bangunan hancur di kamp Al Shati.

“Pasukan pendudukan (Israel) melakukan pembantaian pagi ini di kamp Al Shati dan kamp Jabalia, menyebabkan puluhan orang tewas dan terluka,” kata Iyad Al Buzum, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Hamas.

Israel juga terus menggempur Gaza dengan serangan udara, menewaskan puluhan orang, termasuk sembilan anak-anak di kota Khan Younis.

Selain itu, situasi di sana juga semakin pelik. Para pejabat di Gaza mengatakan daerah kantong tersebut menghadapi bencana kemanusiaan dengan satu-satunya pembangkit listrik di wilayah tersebut dimatikan karena kekurangan bahan bakar.

Mengutip dari Al Jazeera, PM Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk menghancurkan Hamas, menyusul serangan mendadak kelompok bersenjata tersebut.

Dia juga mengumumkan pemerintahan persatuan darurat dengan pemimpin oposisi Benny Gantz.

Korban tewas di Gaza sejauh ini mencapai lebih dari 1.200 orang, sementara jumlah orang yang terbunuh di Israel mencapai 1.300 orang.

Saat ini, militer Israel mengaku sedang menunggu untuk melihat apa yang diputuskan oleh para politisi, terkait rencana serangan darat ke Jalur Gaza.

Juru bicaranya, Richard Hecht, pada Kamis mengatakan, “Kami menyiapkan manuver darat jika nanti diputuskan.”

Lebih lanjut, militer juga sedang menyusun langkah berikutnya, setelah sebelumnya memobilisasi sekitar 300.000 tentara cadangan untuk berperang melawan Hamas.

Otoritas di Gaza mengatakan, akibat serangan udara Israel telah menewaskan sekitar 1.300 orang dan melukai 5.000 lainnya, sebagian perempuan dan anak-anak.

IDF Tembaki Lebanon Selatan

Sementara, sebuah masjid di Desa Dhayra, Lebanon Selatan dekat perbatasan Lebanon-Israel, Lebanon, dikabarkan rusak pada Selasa (11/10/2023).

Namun, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengeklaim sebuah rudal anti-tank diluncurkan dari Lebanon dengan target sebuah pos militer yang berdekatan dengan komunitas Arab Al-Aramshe di BlueLine, dan mereka menembaki kota-kota di Lebanon Selatan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer