24.4 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Dibekali Cheetah X1, cek spek HP mewah Infinix Note 40 Pro harga terjangkau

saukabumiheadline.com - Infinix Note 40 series menjadi...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Warga Sukabumi Merasa Foto KTP Jelek? Ini Cara Gantinya, Mudah dan Praktis

KontenWarga Sukabumi Merasa Foto KTP Jelek? Ini Cara Gantinya, Mudah dan Praktis

sukabumiheadline.com – Bagi warga Sukabumi, Jawa Barat, yang merasa foto e-KTP jelek atau kurang menarik, Anda tidak perlu khawatir karena foto di KTP elektronik bisa diganti sesuai keinginan.

Warga Sukabumi yang ingin mengganti foto KTP tentunya memiliki beragam alasan, mulai dari fotonya tidak jelas atau sudah rusak dan buram karena terlalu lama.

Namun, ada juga orang yang ingin mengganti foto di KTP karena alasan penampilan saja atau tidak puas dengan hasilnya.

Tidak perlu khawatir karena pergantian atau mengubah foto KTP elektronik sudah diatur dalam regulasi yang ada, dengan sejumlah persyaratan tentunya.

Adapun prosedur pergantian foto KTP ini telah diatur secara rinci dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2015.

Penggantian foto di KTP hanya bisa dilakukan dengan alasan tertentu yang mendesak dan sesuai dalam Permendagri Nomor 74 Tahun 2015, di antaranya:

  1. Diperbolehkan ganti foto karena gambar buram, tidak jelas, terkelupas, atau rusak yang membuat identifikasi pemilik di KTP menjadi sulit.
  2. Diperbolehkan ganti foto untuk perempuan yang merubah penampilan dari yang sebelumnya tidak berhijab menjadi hijab

Proses pergantian foto KTP ini hanya bisa dilakukan di kantor Dukcapil secara langsung menggunakan peralatan yang ada di sana.

Pemilik tidak diperkenankan untuk mengirimkan foto dalam bentuk soft file, karena dikhawatirkan bahwa gambar tersebut adalah milik orang lain.

Persyaratan Dokumen untuk Ganti Foto KTP

Untuk mengganti foto KTP bisa dilakukan secara langsung ke kantor dinas Dukcapil dengan mengajukan permohonan kepada petugas loket yang berjaga.

Dokumen yang harus dibawa dan menjadi persyaratan untuk mengubah foto di KTP yakni:

  1. Membawa KTP elektorinik yang lama
  2. Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Berbeda dengan pengurusan dokumen lainnya, untuk mengajukan permohonan mengganti foto di KTP tidak perlu menyertakan surat pengantar dari RT/RW.

Cara Ganti Foto KTP di Dukcapil.

  1. Datangi kantor Dinas Dukcapil setempat
  2. Ajukan pemohonan untuk mengganti foto KTP ke petugas yang berjaga di loket
  3. Menyerahkan KTP lama dan fotokopi KK untuk diperiksa terlebih dahulu
  4. Kemudian akan diserahkan formulir pernyataan perubahan elemen data kependudukan oleh petugas yang telah dilengkapi materai
  5. Ketika proses administrasi selesai, tahap selanjutnya adalah pengambilan foto dan verifikasi data seperti pemindai sidik jari
  6. Setelah seluruh proses selesai maka Anda harus menunggu KTP elektronik dengan foto baru dicetak

Tips Agar Hasil Foto di KTP Bagus

  1. Jangan angkat dagu terlalu tinggi. Ketika Anda foto dengan posisi dagu yang terlalu tinggi maka akan membuat lubang hidung terlihat jelas, sehingga hasilnya akan tidak bagus.
  2. Posisi yang benar adalah tetap berusaha untuk mengangkat dagu jangan terlalu tinggi, namun tetap tidak menunduk.
  3. Posisikan kepala dengan benar. Ketika pengambilan foto KTP jangan menggerakkan atau memiringkan kepala ke arah belakang, sebab posisi tersebut akan membuat lipatan dagu terlihat. Juga disarankan untuk memposisikan dagu sedikit ke depan dan menurunkan sedikit kepala agar terlihat formal.
  4. Pilih riasan yang sesuai. Merias wajah untuk foto di KTP memang disarankan agar tidak terlalu pucat, namun jangan berdandan berlebihan juga. Hindari penggunaan eye shadow atau lipstik dengan warna yang terlalu mencolok atau berkilaku, lebih disarankan menggunakan make up yang matte.
  5. Pastikan rambut rapih. Atur posisi rambut sebelum melakukan foto KTP agar hasilnya rapi dan tidak terlihat acak-acakan. Juga hindari posisi rambut yang menutupi mata, dahi, dan alis, serta jangan menggunakan gaya rambut berponi yang terlalu panjang menutupi area wajah.
  6. Perhatikan mimik wajah. Ketika foto jangan menampilkan raut wajah yang cemberut ke kamera, namun jangan juga tersenyum yang terlalu lebar. Tipsnya adalah dengan mengangkat alis sedikit ke atas dan senyum dengan mengangkat ujung bibir sedikit ke atas.
  7. Warna pakaian. Pastikan pakaian yang dikenakan formal atau berkerah dengan warna yang gelap agar tidak kontras dengan warna background KTP.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer