25.7 C
Sukabumi
Jumat, Juni 14, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Paman Anwar Usman langgar etik lagi, MKMK kembali beri sanksi

sukabumiheadline.com - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK)...

Ada Sensasi Berbeda Mengunjungi Gunung Tumpeng Sukabumi

Gaya hidupAda Sensasi Berbeda Mengunjungi Gunung Tumpeng Sukabumi

sukabumiheadline.com l Ada banyak area perbukitan di wilayah Kabupaten Sukabumi, yang memiliki view indah. Dari mulai kawasan utara hingga selatan kabupaten terluas di Jawa Barat ini.

Secara umum, penggunaan istilah gunung dan bukit berbeda. Bukan saja dari bentuk dan tumbuhan maupun hewan endemik yang mendiaminya.

Namun, sejumlah dataran tinggi di Sukabumi kadung disebut sebagai gunung. Sebuah area disebut gunung jika ketinggiannya mencapai ribuan meter di atas permukaan laut.

Sedangkan, bukit cenderung lebih kecil dan lebih rendah dari gunung, sekira 200 hingga 600 meter di atas permukaan laut (MDPL). Secara umum, bukit memiliki ketinggian lebih rendah dan kontur yang lebih lembut.

Gunung Koneng
Gunung Tumpeng, Sukabumi. l Nabila Ainun Inayah

Gunung Tumpeng, Gunung Koneng, Bukit Piramid Tumpeng

Gunung Tumpeng atau yang juga disebut Gunung Koneng, kabarnya diberi nama tersebut lantaran beberapa bukit memiliki bentuk kerucut layaknya nasi tumpeng.

Sedangkan, Nama Gunung Koneng disematkan karena gunung ini terlihat berwarna kekuningan jika dipandang dari kejauhan. Bisa jadi hal itu karena rerumputan, tumbuhan paling dominan di lokasi gunung berdinding curam itu cenderung berwarna hijau kekuningan.

Namun demikian, dataran tinggi dengan panorama alam yang memesona ini juga dikenal dengan nama Bukit Piramid Tumpeng.

Gunung koneng
Gunung Tumpeng, Sukabumi. l Nabila Ainun Inayah

Seperti halnya bangunan piramida, bukit ini juga memiliki puncak yang terlihat runcing, sehingga membentuk layaknya sebuah segi tiga.

Gunung nan indah ini layak Anda masukan list destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Lokasi Gunung Tumpeng 

Secara administratif lokasinya berada di Dusun Cikondang 2 RT 004, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Gunung ini dapat anda capai dari Kita Sukabumi. Jangan lupa siapkan fisik yang fit dan perbekalan untuk menemani anda selama di perjalanan. Hal itu karena waktu tempuh dari pusat Kota Sukabumi ke Gunung Tumpeng membutuhkan sekira 2 hingga 3 jam.

Tidak perlu kuatir akan suntuk sepanjang perjalanan karena di sisi kiri dan kanan jalan ada banyak pemandangan alam yang indah dan dijamin bikin ketagihan mengunjunginya.

ADV: Sukakopi Kedai 24 Jam Parungkuda

Kedai Sukakopi l 24 Jam, 100 meter dari exit toll Bocimi Seksi 2. l Istimewa
Kedai Sukakopi l 24 Jam, 100 meter dari exit toll Bocimi Seksi 2. l Advertorial

Rute Menuju Gunung Tumpeng

Akses jalan menuju Gunung Tumpeng bisa melalui jalur Loji. Jalur ini sangat direkomendasikan ketimbang lewat Cigaru. Adapun rutenya, setelah melewati Puncak Gebang, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan (sebelum Puncak Darma).

Dari sini ambillah ke arah kiri yakni arah Ciemas. Butuh waktu sekira 30 menit untuk menuju lokasi. Patokannya adalah Kantor Desa Girimukti.

Dari Kantor Desa Girimukti, Anda bisa melanjutkan perjalanan sekira kurang lebih 1,5 kilometer hingga tiba di lokasi.

Gunung Koneng
Gunung Tumpeng, Sukabumi. l Nabila Ainun Inayah

“Tempatnya masih syahdu. Indah dan alami. Meskipun terkesan tidak terurus, tapi ada sensasi berbeda berkunjung ke sini,” kata Nabila Ainun Inayah menceritakan kesan mengunjungi Gunung Tumpeng kepada sukabumiheadline.com, Ahad (21/1/2024) dini hari.

Sensasi lainnya, kata Nabila, pengunjung bisa berjalan kaki tepat di puncak bukit. Namun demikian, ia menyarankan untuk berhati-hati agar tidak terpeleset.

“Beda aja sensasinya. Bisa berjalan ke puncaknya dan bisa melihat pemandangan ke segala penjuru, tapi jangan sampai terpeleset karena akibatnya bisa fatal,” kata gadis 22 tahun itu.

Namun, tambah Nabila, disayangkan di lokasi tidak tersedia fasilitas publik, seperti kamar mandi dan toilet atau tempat jajanan.

“Seandainya saja ada fasilitas kamar mandi, atau paling tidak sungai di sekitar lokasi, pasti lebih asyik dijadikan camping ground,” sesal dia.

Gunung Koneng
Gunung Tumpeng, Sukabumi. l Nabila Ainun Inayah

Selain itu, tambah hijaber ini, di lokasi juga tidak terdapat tempat penitipan kendaraan. Karenanya, ia menyarankan kepada setiap pengunjung untuk selalu mengunci ganda kendaraannya.

Enggak ada warung atau penitipan kendaraan, makanya gak ada pungutan tarif masuk atau biaya apapun. Tapi mungkin tergantung kondisi juga. Makanya, untuk membeli bekal disarankan di perjalanan, sebelum sampai di lokasi,” jelas Nabila.

“Kalau naik roda dua, isi bensin 100 ribu Rupiah udah cukup pulang pergi dari Parungkuda ke lokasi,” pungkas gadis asal Cikembar tersebut.

Baca Juga:  Curug Larangan, Rekomendasi Destinasi Wisata Alam yang Sejuk di Sukabumi

Bagi Anda yang masih betah menyatroni setiap sudut wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, dari Gunung Tumpeng Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Curug Larangan. Sebuah air terjun berair jernih dan terdapat aliran sungai di mana air tersebut mengalir. Baca lengkap: Mitos dan 5 Fakta Seputar Curug Larangan Ciemas Sukabumi

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer