22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Biodata Lee Da Hyeon, Bidadari Voli Korea Selatan Idola Baru Netizen Viral Joget TikTok

sukabumiheadline.com l Setelah sebelumnya ada Zehra Gunez...

Yamaha Gear Facelift Siap Meluncur, Desain Bongsor ala Skutik Maxi

sukabumiheadline.com l Yamaha kembali berencana meluncurkan skutik...

Besok gelap gulita karena gerhana matahari total, ini jadwal dan mekanismenya

TeknoBesok gelap gulita karena gerhana matahari total, ini jadwal dan mekanismenya

sukabumiheadline.com – Gerhana matahari total pada Senin (8/4/2024) akan terjadi di sepanjang pantai Pasifik Meksiko dan melintasi Texas, hingga 14 negara bagian AS lainnya. Setelah itu, gerhana matahari akan melintasi Kanada.

Diberitakan Associated Press, gerhana ini akan berlangsung hampir dua kali lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari total yang terjadi dari pantai ke pantai di AS pada 2017.

Bulan akan menyelubungi matahari hingga 4 menit dan 28 detik. Gerhana matahari akan dapat dirasakan oleh warga yang tinggal di kota-kota besar seperti Dallas, Indianapolis, hingga Cleveland.

Diperkirakan 44 juta orang hidup dalam jalur gerhana total. Beberapa ratus juga lain berada dalam jarak 320 kilometer, yang menjamin terjadinya gerhana matahari terbesar di benua ini.

Hampir semua orang di AS akan melihat gerhana sebagian. Anda juga dapat menyaksikan fenomena ini secara online. NASA akan menggelar stremaing online dari beberapa kota di sepanjang jalur lintasan.

Apa itu gerhana matahari total?

Bulan akan sejajar sempurna antara bumi dan matahari di tengah hari, menghalangi cahaya matahari. Gerhana penuh ini akan berlangsung lebih lama dari biasanya karena jarak bulan ke bumi hanya sekitar 360.000 kilometer, salah satu jarak terdekat di tahun ini.

Semakin dekat bulan ke bumi, semakin besar ia terlihat di langit dari perspektif kita, sehingga menghasilkan periode kegelapan yang sangat panjang dan intens saat matahari tertutup. Gerhana matahari total akan berlangsung paling lama di Meksiko yaitu selama 4 menit 28 detik. Di tempat lain di sepanjang jalur gerhana, seperti di Syracuse, New York, gerhana matahari total hanya akan berlangsung selama 1 menit 30 detik.

Skema gerhana matahari total. – Istimewa

Jalur gerhana gerhana matahari total 

Bayangan bulan akan membentuk garis diagonal dari barat daya ke timur laut melintasi Amerika Utara, sejenak membuat daerah-daerah di sepanjang jalurnya gelap gulita. Gerhana matahari akan memasuki benua tersebut di Mazatlan, Meksiko, dan keluar di Newfoundland, Kanada.

Di antaranya, 15 negara bagian AS dari Texas hingga Maine akan mengalami totalitas, termasuk sebagian kecil Tennessee dan Michigan. Ini akan menjadi pengalaman berulang untuk Cape Girardeau, Missouri, dan Carbondale, Illinois, yang juga berada di posisi utama untuk gerhana matahari total pada 2017.

Selama gerhana matahari, Anda mungkin bisa melihat komet bersama dengan empat planet, jika Anda beruntung. Jupiter akan berada di sebelah kiri matahari dan Venus di sebelah kanan. Saturnus dan Mars akan berada di sebelah kanan Venus, tetapi lebih redup.

Tiga planet lain di tata surya akan berada di sekitar, tetapi hampir tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang. Komet 12P/Pons-Brooks sedang melintasi bumi, seperti yang terjadi setiap 71 tahun. Masih redup, komet ini akan berada di dekat Jupiter selama gerhana.

Namun, dibutuhkan semburan debu dan gas yang tiba-tiba untuk melihat komet yang disebut “devil comet” tersebut tanpa teleskop.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer