27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Jokowi-Erdogan Gandengan Tangan, Ternyata Ini yang Dibicarakan

InternasionalJokowi-Erdogan Gandengan Tangan, Ternyata Ini yang Dibicarakan

sukabumiheadline.com l Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Kedua pemimpin negara berpenduduk mayoritas Muslim itu sepakat akan terus bekerja sama menyelesaikan masalah di Gaza dan terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah, yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” ujar Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11/2023) kemarin.

Terlihat Jokowi digandeng Erdogan dalam pertemuan itu. Jokowi tampak digandeng saat berjalan maupun saat duduk bersebelahan.

Lalu, Jokowi juga menekankan bahwa OKI harus bersatu dan berada di depan. OKI, menurut dia, harus mendesak gencatan senjata segera dilakukan, menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

“Dan memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable, dan menjangkau seluruh warga,” imbuhnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Kedua presiden itu juga menyebutkan negaranya aktif untuk terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Gaza.

Jokowi dan Erdogan juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkeye Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA) sehingga dapat diselesaikan pada 2024.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer