18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Lebih Dekat dengan Komunitas Reptile Sukabumi Club Enthusiasm

KomunitasLebih Dekat dengan Komunitas Reptile Sukabumi Club Enthusiasm

SUKABUMIHEADLINE.com I CIKOLE – Reptile Sukabumi Club Enthusiasm (RESCUE) menjadi salah satu komunitas dengan hobi unik sekaligus menantang adrenalin. Mereka adalah sekumpulan pecinta binatang-binatang reptil.

Komunitas ini dibentuk sejak Maret 2010 silam oleh Aghia Anggala Wicaksana, pendiri pertama komunitas ini. Menurut Ketua RESCUE yang ditunjuk oleh Aghia, Eko Widianto (24), komunitas ini dibentuk dengan tujuan menyediakan wadah bagi para pecinta, sekaligus sebagai fasilitator edukasi reptil kepada warga Sukabumi.

“Dibentuknya komunitas RESCUE ini untuk wadah warga Sukabumi yang mencintai reptil, tidak hanya ular, ada kadal, kura-kura, iguana, biawak dan buaya juga ada. Pokoknya semua jenis reptil di sini kita tampung, sekaligus memberikan edukasi reptil terhadap masyarakat Sukabumi,” jelas Eko kepada sukabumiheadline.com, Ahad (9/1/2022) pagi.

Ia menambahkan, pada awal dibentuknya RESCUE, hanya beranggotakan tujuh orang saja. “Alhamdulillah sekarang sudah banyak, sekira 200 orang,” ungkap Eko.

Untuk kegiatan rutin, komunitas RESCUE, adalah gathering mingguan, sosialisasi, edukasi, herving atau mendata jenis-jenis ular yang masih terjaga kelestariannya di Sukabumi.

“Untuk Kegiatan sih kami sering lakukan gathering mingguan, edukasi ke masyarakat, edukasi ke instansi pemerintah dan lembaga pendidikan, sosialisasi rescue ular masuk rumah, terus mendata ular yang habitatnya masih terjaga, dan kami juga sering membuat kegiatan herping, melihat langsung reptil di alamnya, monitoring ketersediaan pangan, perilisan reptil yang masuk rumah warga.” tutur Eko.

Komunitas Reptile Sukabumi Club Enthusiasm. l Istimewa
Komunitas Reptile Sukabumi Club Enthusiasm. l Istimewa

Uniknya dalam komunitas, tambah Eko, hewan reptil yang dipelihara menjadi sahabat, bukan hanya sekadar hewan peliharaan. “Kami juga tidak menganggap hewan reptil ini sebagai hewan liar, buas ataupun berbahaya,” kata dia lebih jauh.

Buat warga Sukabumi yang berkeinginan memelihara reptil dan bergabung dengan RESCUE, diwajibkan mengisi formulir persetujuan orangtua.

“Jika warga Sukabumi ingin bergabung, persyaratan itu tentunya harus diikuti. Maksud mau belajar itu untuk orang yang memang baru pertama kali memelihara reptil. Adapun, mengisi formulir persetujuan dari orang tua itu untuk yang usianya masih di bawah 18 tahun,” pungkasnya.

Bagaimana, tertarik untuk memelihara binatang reptil, atau sekadar ingin tahu bagaimana caranya memperlakukan binatang reptil? Warga Sukabumi bisa datang ke tempat berkumpulnya komunitas pecinta reptil ini di Jl. Ir. H. Juanda, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, tepatnya di depan Gedung DPRD.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer