22.5 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Honda AMAX 160, skutik futuristik performa unggul jadi penantang Yamaha Aerox

sukabumiheadline.com - Honda kembali menggebrak pasar skutik...

Menyelami Keindahan dan Jernih Air Situ Batukarut Sukaraja Sukabumi

Gaya hidupMenyelami Keindahan dan Jernih Air Situ Batukarut Sukaraja Sukabumi

sukabumiheadline.com l SUKARAJA – Situ Batukarut, muda-mudi banyak yang mengunjunginya. Untuk sekadar santai bersama keluarga, atau bersama pasangan.

Situ Batu Karut ini terletak di Kampung Batukarut RT 03/08, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Situ ini sebenarnya membelah dua kampung yaitu Batu Karut di sisi timur, dan Pulopanggang di sisi barat.

Konon, di area danau ini dulunya banyak terdapat rumah-rumah dan tempat penggilingan beras. Kemudian setelah warga di sana pindah, tempat itu dijadikan destinasi wisata air, Situ atau Danau Batukarut.

Mata air situ dinaungi pohon-pohon besar khas hutan di kaki Gunung Gede Pangrango seluas lima hektar, dengan status tanah milik PDAM Kota Sukabumi.

Situ Batukarut, Sukaraja, Sukabumi. l Istimewa
Situ Batukarut, Sukaraja, Sukabumi. l Istimewa

Batukarut kini menjadi salah satu destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi baik wisatawan lokal, maupun dari luar daerah. Di area situ ini, pengunjung dapat melihat-lihat kejernihan air dari kolam kecil dan pancuran tujuh di sana.

Tidak heran jika saat weekend atau hari libur nasional, banyak orang berkunjung, dari sekadar nongkrong, berolahraga, hingga berekreasi. Bahkan, ada juga yang sekadar memancing ikan. Karenanya, di tempat ini banyak terdapat rakit yang biasa digunakan untuk memancing ikan.

Namun, jangan heran, jika ada yang menjadikan tujuan orang-orang mengunjunginya adalah karena tertarik dengan tempat pemandiannya yang bernama “Pancuran Tujuh” yang terletak di utara Danau Batukarut. Pancuran Tujuh ini berair jernih yang berasal dari sumber mata air.

Selain itu, sumber air situ ini juga bisa digunakan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer