32 C
Sukabumi
Senin, Juni 24, 2024

Hamas Gencatan Senjata di Gaza, Hizbullah Tetap Gempur Israel dari Lebanon

sukabumiheadline.com l Milisi perlawanan Lebanon, Hizbullah dilaporkan...

Persib Pernah Rugi Rp18 Miliar, Glenn Sugita Bos Maung Bandung Berharta Rp29 Triliun

sukabumiheadline.com - Perjalanan Persib Bandung yang menjelma...

Dengan DNA 250 CC, Kawasaki Ninja Matic 160 Bakal Obrak Abrik Dominasi NMax dan PCX

sukabumiheadline.com l Pasar otomotif Indonesia kembali dihebohkan...

Shalika, Pesepakbola Wanita Indonesia Pertama Dikontrak Klub Eropa

OlahragaShalika, Pesepakbola Wanita Indonesia Pertama Dikontrak Klub Eropa

SUKABUMIHEADLINES.com I Shalika Aurelia, bintang Timnas sepak bola wanita Indonesia akan melanjutkan kariernya di luar negeri, setelah direkrut klub Serie B Italia, Roma Femminile.

Sosok Shalika Aurelia memang sudah malang melintang di dunia sepak bola. Ia sempat membela Persija Putri serta memperkuat tim DKI di PON Papua kemarin. Ia juga sempat menjalani beberapa trial di klub Eropa, salah satunya West Ham United putri.

Prestasi terbaru, yakni membantu timnas wanita Indonesia berhasil melaju ke Piala Asia Wanita 2022 usai mengalahkan Singapura di babak kualifikasi.

Langkah Shalika Aurelia ini terbilang luar biasa. Sebab ia adalah pemain pertama dari timnas wanita putri yang bergabung dengan tim luar negeri, khususnya Eropa.

Kabar bergabungnya dengan Roma CF tersebut dibagikan langsung oleh Shalika Aurelia via Instagram pribadinya pada Sabtu (8/1/2022) lalu. Dalam unggahan fotonya, ia tampak sedang berpose di depan seragam klub yang bakal dibelanya.

“Langkah pertama di Eropa. Bangga untuk mulai bermain di klub ini di Serie B italia,” tulis pemain berusia 19 tahun itu.

Pemain kelahiran Jakarta, 1 Agustus 2003, itu dalam waktu singkat foto tersebut banjir komentar dari banyak tokoh sepakbola Indonesia. “Good luck Shal! Congrats,” tulis @arthurirawan. Ada pula @saddilramdanii: “Sukses“. Tak lupa, @mochamadiriawan84: “Patent” plus memberikan emoji jempol.

Meski klub yang dimaksud bukan tim wanita milik AS Roma, keberadaan Shalika di Italia layak mendapatkan acungan dua jempol. Pasalnya, bermain di kompetisi Eropa, apalagi di negara dengan tradisi sepakbola seperti Italia, bukan hal yang bisa dilakukan semua orang.

Lalu, apa Roma CF itu? Societa Sportiva Dilettantistica Roma Calcio Femminile lebih dikenal sebagai Roma dan terkadang disingkat sebagai Roma CF. Ini untuk membedakannya dengan tim wanita AS Roma yang dimiliki The Friedkin Group yang bermain di Serie A.

Meski sekarang ada di Serie B, Roma CF adalah klub sepakbola wanita bersejarah yang berbasis di Roma. Mereka berdiri pada 1965 di Ostia sebagai ACF Roma Lido atas prakarsa Mira Rosi Bellei, guru pendidikan jasmani. Dia adalah istri Franco Bellei, yang pada 1968 mendirikan Lazio 2000.

Ini berbeda dengan Roma Femminile yang baru berdiri pada 2018. Selain itu, Roma CF juga lebih bersinar dari Roma Femminile di masa lalu. Mereka menjuarai Kejuaraan Nasional Wanita (sekarang Serie A) 1969 dan Coppa Italia 1971. Ada lagi Runners-up 1971, peringkat ketiga 1984, serta finalis Coppa Italia 1982.

Klub ini terakhir kali bermain di kompetisi kasta tertinggi pada 2011/2012. Saat itu, Roma CF menempati posisi 14 klasemen akhir sehingga haris terdegradasi ke Serie A2. Kompetisi itu kemudian berubah nama menjadi Serie B. Dan, sejak saat itu Roma CF bermain di kasta kedua.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer