21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Honda dan Suzuki Ketar-ketir, Yamaha Vinoora 125 Dirilis, Desain Retro dan Lampu Unik

sukabumiheadline.com l Yamaha resmi memperkenalkan skutik baru...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

15 Rekomendasi Pondok Pesantren di Sukabumi untuk Si Buah Hati

Khazanah15 Rekomendasi Pondok Pesantren di Sukabumi untuk Si Buah Hati

sukabumiheadline.com l Pondok pesantren (Ponpes) saat ini telah berkembang menjadi salah satu pusat pendidikan agama yang mumpuni. Kurikulum yang semakin modern, memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum menjadikannya pilihan tempat dalam menuntut ilmu agama.

Pesantren saat ini juga sudah dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah di Sukabumi, Jawa Barat.

Di Sukabumi, konsep pendidikan di ponpes kini sudah sangat beragam dan menyesuaikan dengan keinginan orang tua dan anak.

Berikut 15 rekomendasi pesantren di Sukabumi yang bisa dipilih:

1. Pesantren As-Salam

Pesantren As-Salam. l Istimewa
Pesantren As-Salam. l Istimewa

Salah satu pesantren unggulan di Sukabumi, didirikan pada tahun 1968 lalu oleh KH. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman. Dibangun di atas tanah wakaf, kini Pesantren As-Salam juga sudah memiliki cabang di Desa Sukaharja, Warung dengan luas lahan mencapai 12 hektar.

Pesantren As-Salam memiliki tujuan untuk membentuk santri yang berkualitas dan kuat iman Islamnya. Pesantren ini juga memiliki visi dalam membentuk generasi Islam yang cerdas secara emosional, intelektual, dan spiritual.

Baca Juga: Al-Mukhtari Cicurug Sukabumi Khusus Yatim dan Dhuafa, Gratis Biaya Santri

2. Pesantren Al Kausar 

Pesantren Al Kausar. l Istimewa
Pesantren Al Kausar. l Istimewa

Pendiri Pesantren Al-Kausar memiliki cita-cita dalam membentuk anak supaya memiliki ilmu pengetahuan yang berkualitas dengan akhlak yang mulia. Sistem pesantren ini merupakan asrama yang juga bertujuan supaya para santri bisa terus dipantau perkembangannya dengan baik.

Kurikulumnya sendiri menggunakan Permendikbud dan ilmu agama Islam yang dikombinasikan agar bisa mewujudkan impian para kyai pendiri pesantren.

Baca Juga: Ponpes Tarbiatul Aulad, Oase di Tengah Tempat Hiburan Malam Sukabumi

3. Pesantren Al Umanaa

Fasilitas di Ponpes Al Umanaa Sukabumi. l Istimewa
Fasilitas di Ponpes Al Umanaa Sukabumi. l Istimewa

Pesantren Al-Umanaa selain bergerak di bidang pendidikan dan agama, juga bergerak di bidang sosial serta kemanusiaan. Pedomannya sendiri tentu saja berdasarkan Alquran dan sunnah rasul.

Didirikan oleh beberapa orang terpandang di masanya yang memiliki impian dan tujuan yang sama, mencerdaskan anak bangsa dan membentuk generasi muslim dengan ilmu pengetahuan berkualitas yang bisa hidup mandiri. Baca Lengkap: Melihat Miniatur Indonesia di Ponpes Modern Al Umanaa Sukabumi

4. Pesantren Al Bayan

Pesantren Al Bayan. l Istimewa
Pesantren Al Bayan. l Istimewa

Selain mengedepankan pendidikan ilmu agama, Pesantren Al Bayan juga menjadi salah satu sekolah menengah unggulan di Sukabumi.

Pesantren ini diurus oleh beberapa majelis yang juga memiliki wewenang dalam mengawasi pendidikan yang ada di sana. Setiap tahunnya, pesantren ini memiliki banyak murid.

5. Pesantren Daarul Habib

Pondok Pesantren Daarul Habib, Sukabumi. l Istimewa
Pondok Pesantren Daarul Habib, Sukabumi. l Istimewa

Tujuan didirikannya Pesantren Daarul Habib ini adalah untuk membentuk karakter para santri supaya bisa menjadi generasi yang lebih unggul. Tidak hanya dalam ilmu agama, tetapi juga dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat.

Pesantren ini juga mengajarkan pendidikan umum yang digabungkan dengan kurikulum pesantren. Hal ini yang membuat para orang tua santri tidak ragu menitipkan anaknya di pesantren di Sukabumi satu ini. Baca Lengkap: Darul Habib Sukabumi, Salah Satu Pesantren Terbaik di Sukabumi

6. Pesantren Al Ma’tuq

Ponpes Al Ma'tuq Sukabumi. l almatuq.sch.id
Ponpes Al Ma’tuq Sukabumi. l almatuq.sch.id

Program unggulan yang ada di Pesantren Al-Ma’tuq ini adalah menampung anak-anak yatim. Diresmikan pada tahun 1997 lalu, kini semakin berkembang menjadi salah satu pesantren yang berprestasi.

Memiliki banyak fasilitas menarik dan kurikulum yang tepat, membuat pesantren dipilih para santri untuk menuntut ilmu. Kebanyakan pertimbangan orang tua yang menitipkan anaknya di sini adalah karena fasilitas yang memadai dan prestasi yang dimiliki pesantren. Baca Lengkap: Mendidik Santri Yatim, Ponpes Al-Ma’tuq Sukabumi Salah Satu Pilihan Terbaik untuk Buah Hati

7. Pesantren Al Falah

Santri Ponpes Al Falah. I Istimewa
Santri Ponpes Al Falah. I Istimewa

Dipimpin oleh KH. Mahbub Sanusi, seorang ulama kharismatik generasi ketiga setelah pendirinya, KH. Muhammad Siddiq bin KH. Abdurrohman. Sudah berdiri sejak tahun 1908 dan telah menciptakan alumni-alumni yang berbakat dan berkualitas.

Masuk ke dalam pesantren di Sukabumi yang tertua, Pesantren Al-Falah telah mengalami berbagai perubahan dan dinamika sejak zaman kolonial dan penjajahan Jepang.

Oleh karena itu, tidak perlu diragukan lagi keilmuan dan pengajaran yang ada di sini karena dipimpin pula oleh para alim ulama yang berkompetensi unggul. Baca Lengkap: Dari Rahim Al-Falah Lahir Banyak Ulama Besar, Ponpes Tertua di Sukabumi Berdiri Sejak 1908

8. Pesantren AlQuran Al Ghozaliyyah

Pesantren AlQuran Al Ghozaliyyah. l Istimewa
Pesantren AlQuran Al Ghozaliyyah. l Istimewa

Memiliki lulusan yang berprestasi, menjadikan pesantren di Sukabumi satu ini menjadi salah satu tempat berkualitas dalam menuntut ilmu. Tidak hanya ilmu agama saja, di sini santri juga belajar pendidikan formal setingkat SMP dan SMA.

Dalam membantu kemampuan dan kecerdasan para santrinya, pesantren ini menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan Inggris dalam kesehariannya.

Kurikulumnya gabungan dari kurikulum pesantren dan kurikulum pemerintah untuk pendidikan formalnya.

Baca Juga: Ponpes Darul Haqmal Sukabumi, Tempat Anak Jalanan Menimba Ilmu Agama

9. Pesantren Arrahman

Pesantren Arrahman. l Istimewa
Pesantren Arrahman. l Istimewa

Pesantren yang terletak di Jalan Mohammad Amir, KM 9, Desa/Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi ini juga memiliki pendidikan formal dari TK sampai SMA. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang telah meraih prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Ini juga yang menjadikannya pesantren yang berkembang karena mengkolaborasikan ilmu agama dan juga keilmuan umum. Pesantren ini menerima santri melalui seleksi jalur prestasi dan non-akademik serta melalui jalur tes.

10. Pesantren Modern Madinatul Ulum

Pesantren Modern Madinatul Ulum. l Istimewa
Pesantren Modern Madinatul Ulum. l Istimewa

Pesantren ini juga merupakan paduan dari pondok salafi dengan pesantren modern. Para santrinya dituntut untuk menjadi kader ulama yang anda dan dapat menguasai berbagai cabang ilmu keislaman.

Di lingkungan pesantren, para santrinya juga diwajibkan untuk berkomunikasi dengan dua bahasa, Arab dan Inggris. Selain itu, mereka juga harus berlatih menerjemahkan alquran dan hadis ke dalam 4 bahasa, Arab, Inggris, Indonesia, dan Sunda.

11. Pesantren Terpadu Al-Istiqomah

Pesantren Modern Madinatul Ulum. l Istimewa
Pesantren Modern Madinatul Ulum. l Istimewa

Pesantren di Sukabumi satu ini didirikan oleh aktivis dakwah yang juga merupakan alumni dari beberapa pesantren ternama lainnya. Hal ini tentu jadi pembeda dibanding pesantren lain yang kebanyakan didirikan oleh para kyai.

Pesantren masih tetap mengajarkan kitab-kitab Islam klasik, walaupun sudah banyak pesantren lain yang kini mengajar menggunakan kurikulum yang lebih modern. Bagi warga umum, tersedia juga majelis taklim yang diadakan setiap Sabtu dan Selasa.

Baca Juga: Addawam Tegalbuleud Sukabumi, Ponpes Tanpa MCK dan Bangunan Sudah Lapuk

12. Pesantren Assalafiyah

Pesantren Assalafiyah. l Istimewa
Pesantren Assalafiyah. l Istimewa

Sebelumnya bernama Pesantren Babakan Tipar dan pada tahun 1977 diubah menjadi Pesantren Assalafiyah oleh KH. Ahmad Makki. Beliau mengubah nama pesantren atas dasar pendapat para ulama yang dimuat dalam kitab Jauharut Tauhid.

Pesantren juga merupakan hasil rintisan para aktivis dakwah yang merupakan alumni dari berbagai pesantren dan perguruan tinggi terkenal.

13. Pesantren Yaspida

Pesantren Yaspida. l Istimewa
Pesantren Yaspida. l Istimewa

Sistem pendidikan pada pesantren di Sukabumi satu ini mengacu pada pengembangan potensi rohaniah manusia. Terdapat pula pendidikan umum dengan orientasi pengembangan kemampuan berpikir.

Para santri diharapkan dapat menjadi manusia yang cerdas dan berakhlak dengan tidak lupa mengamalkan ilmu agama di masa depan.

Baca Juga: Ponpes Nihayatul Amal Curugkembar Sukabumi, Beribadah dalam Bangunan Lapuk

14. Pesantren Kaligrafi Lemka

Santri Ponpes Lemka. l Istimewa
Santri Ponpes Lemka. l Istimewa

Merupakan pesantren yang unik dan istimewa. Pesantren di Sukabumi satu ini fokus terhadap pembelajaran kaligrafi. Pembelajarannya juga dengan pendidikan rohani berasaskan nilai-nilai Islam.

Pesantren ini didirikan pada tahun 1998 oleh Drs. Sirajuddin AR, juara kaligrafi nasional dan internasional. Santrinya memang tidak banyak layaknya pesantren-pesantren lain di Indonesia. Namun, para santri tersebut adalah mereka yang berkeinginan kuat untuk belajar seni kaligrafi. Tidak sedikit santri yang berasal dari negara tetangga, seperti Malaysia dan lain sebagainya. Baca Lengkap: Mengenal Lemka, Pionir Ponpes Kaligrafi AlQuran di Sukabumi

14. Pesantren Bani Hasyim

Pesantren Bani Hasyim. l Istimewa
Santri Pondok Pesantren Bani Hasyim. l Istimewa

Pondok pesantren (Ponpes) adalah lembaga pendidikan keislaman yang diharapkan mampu menjadi dinamisator pembangunan. Ponpes juga diharapkan berperan sebagai pusat peradaban yang dapat merevolusi karakter bangsa.

Ponpes sendiri merupakan sistem pendidikan tertua dan dianggap sebagai produk budaya Indonesia asli. Jika disandingkan dengan berbagai lembaga pendidikan yang muncul di Indonesia, ponpes memiliki akar kuat dalam membentuk kepribadian generasi bangsa ini.

“Pesantren harus dapat menghimpun potensi dan semua energi, mengikat semua orang dan menggerakkannya,” kata KH. Jamiludin Hasyim Pimpinan Pondok Pesantren Bani Hasyim. Baca Lengkap: Memahami Filosofi Ikan dan Air di Ponpes Bani Hasyim Warungkiara Sukabumi

15. Pesantren Al Imam Al Islami

Santri Ponpes Al Iman Al Islami. l Al Iman Al Islami

Sukabumi merupakan daerah di mana pondok pesantren (Ponpes) dapat dengan mudah ditemui. Bahkan, kini hampir di setiap desa atau kelurahan terdapat ponpes. Dari mulai tradisional hingga modern.

Salah satu ponpes modern yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, adalah Ponpes Al Iman Al Islami. Ponpes ini terletak di Jl. Pelabuhan II KM 18 Kampung Pupunjul, RT/RW 001/002, Cikembar.

Sebagai lembaga pendidikan Islam, ponpes ini adaptif terhadap perkembangan teknologi dengan dukungan para guru yang kompeten di bidangnya masing-masing.

“Sebagai lembaga pendidikan, Pondok Pesantren Al Imam Al Islami tanggap dengan perkembangan teknologi. Dengan dukungan SDM yang di miliki sekolah ini siap untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam pelayanan informasi publik,” jelas pimpinan Ponpes Al Iman Al Islami Mudir Mahad. Baca Lengkap: Kuota 60 Santri Yatim dan Berbagi di Ponpes Al Iman Al Islami Cikembar Sukabumi

Nah, itulah beberapa rekomendasi pesantren di Sukabumi yang bisa dipilih untuk tempat buah hati menuntut ilmu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer