27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Mengenal Lemka, Pionir Ponpes Kaligrafi AlQuran di Sukabumi

Gaya hidupMengenal Lemka, Pionir Ponpes Kaligrafi AlQuran di Sukabumi

sukabumiheadline.com l GUNUNGPUYUH – Pondok Pesantren (Ponpes) AlQuran Lembaga Kaligrafi (Lemka) berada di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Lemka dikenal sebagai pionir ponpes kaligrafi di Indonesia yang mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi.

Di ponpes ini, seni kaligrafi menjadi concern pembelajaran semua santrinya. Sehingga bisa dibilang, lulusan ponpes ini adalah santri sekaligus seniman kaligrafi.

Santri Ponpes Lemka. l Istimewa

Pesantren ini mengajarkan pelbagai gaya jenis-jenis tulisan atau khat secara detail dari huruf-huruf tunggal, tata letak, komposisi, harmoni, proporsi, cara menggores, etika kaligrafi, dan teknik gubahan dengan cara demonstratif. Yakni, memberikan materi sekaligus mempraktekkannya.

Lebih lanjut, di dalamnya juga diajarkan melukis serta mendiskusikan seni kaligrafi dari beragam perspektif. Kegiatan belajar dan mengajarnya, tidak melulu di dalam ruangan (indoor). Adakanya di luar ruangan (outdoor). Semisal, di tepi bukit, dan tepi pantai atau tempat-tempat indah lainnya.

Gedung Ponpes Lemka. l Istimewa

Menurut Ketua Bidang Diklat Pesantren Lemka, Hilmi Munawar, ponpes tersebut berdiri dalam Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta pada 1985 silam. Pendirian Ponpes Lemka sendiri dirintis Drs. H. D Sirajuddin AR, M.Ag, pada sekira 13 tahun kemudian, atau tepatnya pada 1998 lalu.

Semenjak didirikan hingga kini, terbilang sudah ribuan santri berhasil lulus dari ponpes tersebut. “Sudah hampir tujuh ribu lulusan pesantren ini. Namun jika dihitung dari awal pembentukan, jauh lebih banyak lagi,” ujar Hilmi.

Santri Ponpes Lemka. l Istimewa

Biaya Santri di Ponpes Lemka

Lama belajar di pesantren ini adalah satu tahun. Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di pesantren ini, dari informasi terakhir yang diperoleh sukabumuheadline.com, adalah sebagai berikut:

Biaya masuk: sekitar Rp5.700.000

Biaya bulanan: sekitar Rp350.000

Santri Ponpes Lemka. l Istimewa

Adapun alamat lengkap Pondok Pesantren Lemka, adalah di Jl. Bhineka Karya No.53, Kelurahan Karamat RT 03/06, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, 43122.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer