18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Darul Habib Sukabumi, Salah Satu Pesantren Terbaik di Sukabumi

Gaya hidupDarul Habib Sukabumi, Salah Satu Pesantren Terbaik di Sukabumi

sukabumiheadline.com l CIAMBAR – Selain objek wisata alamnya dikenal hingga ke banyak daerah, Kabupaten Sukabumi juga dikenal sebagai tempatnya pondok pesantren (Ponpes) berkualitas.

Terdapat banyak ponpes di kota ini. Dari mulai yang tradisional hingga modern. Seperti halnya lembaga pendidikan umum, Ponpes ponpes ini juga berlomba menawarkan beragam kelebihan dalam mendidik para santrinya.

Suasana pembelajaran di Ponpes Darul Habib. l Istimewa

Seperti di Ponpes Darul Habib, pesantren yang didirikan oleh Habib Ahmad Naufal bin Abdullah Al Kaff pada 1998 tersebut, menawarkan berbagai keunggulan dalam fasilitas dan materi pembelajaran.

Hingga saat ini, pesantren yang berlokasi di Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar, Kampung Cipanutih, Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ini telah berhasil mendidik santrinya menjadi insan yang berpegang teguh pada AlQuran dan Sunnah.

Pondok Pesantren Darul Habib, Sukabumi. l Istimewa
Pondok Pesantren Darul Habib, Sukabumi. l Istimewa

Identitas pendidikan yang ditonjolkan di Darul Habib, adalah salafiyah dengan nuansa modern. Ponpes ini diketahui mempriotaskan pelajaran-pelajaran AlQuran, hadits, akhlak, Bahasa Arab, nahwu, sharaf, balaghah, dll.

Ada satu hal unik, di pesantren ini, dimana setiap santri putra harus mengenakan peci putih, gamis putih, dan imamah putih ketika shalat dan belajar. Adapun, santri putri diwajibkan menggunakan abaya hitam ketika sholat dan belajar.

Lulusan Ponpes Darul Habib

Wisuda santri Darul Habib. l Istimewa

Di usianya yang relatif muda, 24 tahun, Ponpes ini telah meluluskan santri sebanyak 12 angkatan setingkat sekolah menengah atas (SMA) atau Madrasah Aliyah.

Untuk informasi, selain santri lokal, di Ponpes ini juga banyak santri dari luar daerah. Adapun, paling banyak berasal dari wilayah Palembang, Sumatera Selatan. Hal tersebut karena sang pendiri merupakan warga Kota Empek-empek itu.

Tak hanya itu, di Ponpes Daarul Habib juga terdapat santri dari berbagai negara lainnya, seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan Australia.

Biaya Pendidikan

Suasana pembelajaran di Ponpes Darul Habib. l Istimewa

Bagi yang berminat mengikuti pembelajaran di Ponpes Darul Habib dari informasi terakhir yang diperoleh sukabumiheadline.com, biaya mondok di ponpes tersebut, biaya masuk sekira Rp11.500.000 (sudah termasuk SPP bulan pertama), kemudian biaya bulanan sekira Rp900.000.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer