22.1 C
Sukabumi
Senin, Mei 20, 2024

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

5 Negara Berpenduduk Muslim Terbanyak di Amerika Latin, Negeri Lionel Messi Juaranya

Internasional5 Negara Berpenduduk Muslim Terbanyak di Amerika Latin, Negeri Lionel Messi Juaranya

SUKABUMIHEADLINE.com l Islam merupakan agama minoritas di Amerika Latin yang berpenduduk mayoritas beragama Kristen. Di masing-masing negaranya, jumlah penduduk Muslim bahkan tidak sampai 2 juta jiwa.

Lalu, di negara mana saja kah sebaran umat Muslim di Benua Amerika? Berikut daftar 5 negara di Amerika Latin dengan populasi Muslim terbanyak.

1. Argentina

Argentina dilaporkan memiliki penduduk Muslim dengan jumlah 800 ribu hingga 1 juta jiwa. Pada tahun 2030 mendatang, populasinya diperkirakan akan bertambah hingga menyentuh angka 1,2 juta jiwa atau 2,5% dari jumlah penduduk keseluruhan negara tersebut.

Melansir laman Council on Hemispheric Affairs, Argentina mendapat banyak pengungsi dari Timur Tengah, terutama Suriah dan Lebanon, pada abad ke-19 sampai 20.

Negara ini menjadi rumah terbesar bagi masyarakat Muslim di Ameika Latin. Di seluruh antero Argentina, terdapat banyak masjid, salah satunya adalah masjid King Fahd dan The Islamic Cultural Center yang terletak di Buenos Aires..Masjid ini bahkan dinobatkan sebagai masjid terbesar di Argentina yang diresmikan pada tahun 2000.

2. Suriname

Jumlah Muslim yang tercatat di Suriname adalah 13,5% dari jumlah populasi negara tersebut atau sekitar 500 ribu orang.

Dalam tulisannya yang bertajuk Surinamese Muslims in a Plural Society, R S Chickrie menyampaikan bahwa masyarakat Muslim di Suriname tergolong aktif secara ekonomi dan politik.

Salah satunya adalah dengan kemunculan partai Muslim yang didirikan oleh Janab Asgar Karamat Ali pada tahun 1942. Kini umat Islam berperan aktif di Majelis Nasional dan terus menyuarakan antidiskriminasi.

3. Venezuela

Selanjutnya, ada negara Venezuela yang memiliki populasi Muslim sebanyak 100 ribu sampai 150 ribu orang. Islam merupakan agama minoritas di Venezuela, sementara agama yang paling banyak dianut adalah Katolik Roma dan Protestan.

Berbagai sumber menyebut bahwa sebagian besar masyarakat Muslim di Venezuela memiliki darah Palestina, Turki, Suriah, dan Lebanon.

4. Kolombia

Penduduk Muslim di Kolombia diperkirakan mencapai 85 ribu sampai 100 ribu orang. Melansir The Guardian, ada satu wilayah di Kolombia yang menjadi rumah bagi komunitas Muslim, yakni Buenaventura.

Islam pertama kali hadir di kota tersebut pada tahun 1960-an, kala seorang pelaut Afrika-Amerika bernama Esteban Mustafa Melendez menyebarkan ajaran Islam kepada para pekerja di pelabuhan. Sebagian besar penduduk Muslim di negara ini adalah keturunan Arab yang dahulu berdagang.

5. Meksiko

Meksiko memiliki sekitar 7.982 masyarakat Muslim pada tahun 2020. Melansir artikel 2021 Report on International Religious Freedom: Mexico yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri AS, komunitas Muslim di negara itu sebagian besar terkonsentrasi di Mexico City.

Sisanya, berada di negara bagian Chiapas. Pada tahun 2030, Pew Research memproyeksikan bahwa jumlah Muslim di Meksiko akan bertambah menjadi 126 ribu jiwa.

Chiapas sendiri sudah menjadi wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam sejak tahun 1994. Penduduk desa setempat menamai wilayahnya dengan Ahmadiyah.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer