30.2 C
Sukabumi
Selasa, April 30, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Perjalanan spiritual Profesor Harvard Henry Klassen mualaf, langsung ikut puasa Ramadhan

sukabumiheadline.com - Henry Klassen, seorang profesor ternama...

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Raih Juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia

NasionalDesa Wisata Hanjeli Sukabumi Raih Juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia

SUKABUMIHEADLINE.com l Desa Wisata Hanjeli, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terpilih menjadi Juara 3 Kategori Rintisan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penganugerahan ADWI 2022 berlangsung di Ballroom Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Ahad, 30 Oktober 2022. Baca lengkap: Sandiaga Uno: Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Layak Dapat Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Perhelatan ADWI merupakan momentum untuk mengapresiasi keberhasilan sekaligus mendukung pengembangan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global dan berkelas dunia. Baca lengkap: Wisatawan Asal Jerman dan Brazil Kunjungi Desa Wisata Hanjeli di Waluran Sukabumi

Ada tujuh indikator yang dinilai untuk jadi desa wisata terbaik, yakni kategori Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE (Cleanliness/kebersihan, Health/kesehatan, Safety/keamanan, dan Environment Sustainability/kelestarian lingkungan) dan Kelembagaan.

Selain itu, empat kategori tambahan Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Kelembagaan.

Sementara, Founder Desa Wisata Hanjeli, Abah Asep menyampaikan bahwa pencapaian ini berkat usaha dan kerja keras serta dukungan semua pihak, hingga hanjeli menjadi populer sebagai komoditi ketahanan pangan alternatif.

“Kita bangga dengan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi, melalui konsep eduwisata, bisa memadukan hanjeli sebagai salah satu biodeversity dengan budaya dan tradisi menjadi wujud lokal wisdom yang prospektif” ujarnya.

Berikut daftar pemenang desa wisata Terbaik Kategori Desa Wisata Rintisan:

Juara 1 Desa Wisata Sembungan di Wonosobo, Jawa Tengah.

Juara 2 Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur.

Juara 3 Desa Wisata Hanjeli di Sukabumi, Jawa Barat.

Juara Harapan 1 Desa Wisata Kampong Melayu Bml di Pontianak

Juara Harapan 2 Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer