25.2 C
Sukabumi
Selasa, April 23, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Ingat Warga Sukabumi, Makanan Ini Kesukaan Jin dan Syetan di Rumah Kita Menurut Hadits

Gaya hidupIngat Warga Sukabumi, Makanan Ini Kesukaan Jin dan Syetan di Rumah Kita Menurut Hadits

sukabumiheadline.com l Jin dan setan juga makhluk ciptaan Allah SWT. Meskipun berbeda alam dengan manusia, tetapi jin dan syetan juga membutuhkan makanan dan minuman.

Seperti diketahui, keberadaan setan dan jin dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Setan dan jin merupakan makhluk gaib yang terbuat dari api, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hijr Ayat 26-27 yang berbunyi: “Wa laqad khalaqnal-insāna min ṣalṣālim min ḥama`im masnụn. Wal-jānna khalaqnāhu ming qablu min nāris-samụm.”

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.

Makanan dan Minuman Kesukaan Jin dan Syetan 

Makanan dan minuman yang disukai jin tentu berbeda dengan manusia. Mengutip buku berjudul Mengapa Malaikat dan Setan di Rumah Kita? oleh Abu Hudzaifah Ibrahim dan Muhammad ash-Shayim, terdapat banyak dalil yang menjelaskan tentang makanan dan minuman kesukaan syetan.

Menurut hadits, tulang merupakan makanan kesukaan jin. Karenanya, umat Muslim diminta Rasulullah SAW agar tidak membiarkan benda tersebut ada di rumah.

Dalam kitab Shahih Bukhari, Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menyuruhnya mencari beberapa batu untuk beliau beristinja (bersuci). Rasulullah berpesan, “Tetapi, engkau jangan membawa kepadaku tulang atau kotoran binatang (yang kering)!

Karena tulang dan kotoran binatang (yang telah kering) itu adalah makanan jin. Sesungguhnya, telah datang kepadaku serombongan jin dan mereka adalah sebaik-baiknya jin untuk meminta bekal (makanan) kepadaku. Aku berdoa kepada Allah agar menjadikan setiap tulang dan kotoran binatang (yang telah kering) yang mereka lewati di jalan sebagai makanan jin,” jelas Rasulullah SAW ketika Abi Hurairah bertanya tentang alasannya.

Kemudian dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

Janganlah kalian beristinja (bersuci) dengan kotoran binatang atau tulang karena keduanya adalah makanan saudaramu, jin.

Minuman Kesukaan Jin

Syetan dan jin juga ternyata membutuhkan minum. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al Maidah ayat 90 yang berbunyi: “Yā ayyuhallażīna āmanū innamal-khamru wal-maisiru wal-anṣābu wal-azlāmu rijsum min ‘amalisy-syaiṭāni fajtanibụhu la’allakum tufliḥụn.”

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Jelas sekali bahwa Allah SWT mengingatkan bahwa minuman yang memabukkan adalah minuman syetan.

Menurut tafsir Ibnu Qayyim, syetan itu minum dari minuman yang dibuat oleh para sekutunya atas perintah setan. Lantas, ia bersekutu dengannya dalam pekerjaan itu, begitu pula dengan minum, dosa, dan hukumannya.

Adapun, bahwa syetan itu makan dengan tangan kiri. Oleh karena itu beliau menyuruh umatnya agar berbeda dengan syetan dalam melakukannya. Hal itu diingatkan dengan hadits:

Jika salah seorang dari kalian makan, hendaklah ia makan dengan tangan kanan. Jika ia minum, hendaklah ia minum dengan tangan kanan karena setan itu makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim).

Siapa yang makan dengan tangan kiri maka setan itu akan ikut makan bersamanya. Siapa yang minum dengan tangan kiri maka setan ikut minum bersamanya.” (HR Ahmad).

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer