27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Kalah Sama Bekasi, Tidak Ada Sukabumi di 5 Daerah Penghasil Beras Terbesar di Jawa Barat

EkonomiKalah Sama Bekasi, Tidak Ada Sukabumi di 5 Daerah Penghasil Beras Terbesar di Jawa Barat

sukabumiheadline.com l Jawa Barat dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Indonesia. Sebagai salah satu provinsi Indonesia, provinsi yang memilik 27 daerah tingkat kota dan kabupaten ink menempati urutan tertinggi dalam produksi padi nasional.

Bahkan, beberapa daerah di Jawa Barat pernah masuk pada urutan tertinggi sebagai daerah penghasil padi terbanyak di Indonesia.

Namun sayangnya, dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat, tidak ada Sukabumi dalam daftar 5 daerah lumbung padi.

Berikut adalah 5 daerah di Jawa Barat yang menjadi lumbung padi dirangkum sukabumiheadline.com dari jabar.bps.go.id.

5. Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor menjadi daerah penghasil padi di Jawa Barat. Hampir 40 kecamatan di Bogor merupakan penghasil gabah, sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Bogor dengan produksi padi pada 2021 sebanyak 285.154 ton.

Disebutkan, terdapat 3 kecamatan yang ditargetkan oleh Bupati Kabupaten Bogor sebagai Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045, yakni Cariu, Tanjungsari, dan Sukamakmur.

4. Kabupaten Bekasi

Bekasi masuk dalam daftar daerah penghasil padi terbanyak di Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki padi unggulan khas yang diberi nama Pusaka Bhagasasi, yaitu padi yang tahan dari serangan hama. Jenis padi tersebut juga mendapatkan sertifikat legal sebagai padi khas Kabupaten Bekasi oleh Kementerian Pertanian.

Pada tahun 2021 Bekasi bisa menghasilkan padi sebanyak 587.586 ton. Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah menetapkan dan menyepakati Lahan Sawah Dilindungi yang diperuntukkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Luas Kawasan Bekasi mulai dari lahan basah dan lahan kering mencapai 35.341 hektare.

3. Kabupaten Subang

Dalam tiga tahun terakhir produksi padi Kabupaten Subang masih tinggi dan tetap menempati urutan ketiga sebagai penghasil padi terbesar se Indonesia pada tahun 2021 dengan 959.456 ton.

Subang juga mendapatkan status lumbung padi nasional. Status ini akan dipertahankan dengan cara mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi antara pertanian tradisional dan modern.

2. Kabupaten Karawang

Produksi padi di Kabupaten Karawang terus mengalami peningkatan di setiap musim tanamnya. Rata-rata produksi padi di Karawang mencapai 1,3 juta ton setiap tahun. Apabila dikonversikan menjadi beras maka hasilnya bisa mencapai 800.000 ton beras.

Surplusnya produksi padi tersebut karena rata-rata kebutuhan beras masyarakat Karawang berada di kisaran 500.000 ton per tahun.

Karawang juga masuk pada urutan nomor 4 di Jawa Barat sebagai daerah yang memproduksi padi tahun 2021 sebanyak 1.234.134 ton.

Baca Juga: Jadi Miliarder dari Jual Foto Selfie, Akhirnya Ghozali Everyday Dicolek DJP

1. Kabupaten Indramayu

Di posisi ketiga, ada Kabupaten Indramayu sebagai daerah penghasil padi di Jawa Barat. Kabupaten ini terkenal sebagai lumbung padi nasional dengan luas panen padi 226.6626 hektare dengan hasil produksi 1.363.312 ton gabah kering giling (GKG) atau setara 782.131 ton beras.

Bahkan pada tahun 2021 Indramayu menempati posisi tertinggi sebagai kabupaten dengan produksi padi di Jawa Barat mencapai 1.319.624 ton.

Sementara, berbeda dengan data yang dipublikasikan jabar.bps.go.id, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi mengklaim produksi padi pada 2021 mencapai 790.298 ton dengan luasan tanam padi mencapai 146.266 hektare.

“Ada kenaikan lahan untuk tanam padi, hal itu supaya ketersediaan pangan bisa terwujud,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, Senin (31/1/2022) lalu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer