27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

KASAD dan Mentan Panen Raya di bekas lahan terlantar perkebunan di Sukabumi

OlahragaKASAD dan Mentan Panen Raya di bekas lahan terlantar perkebunan di Sukabumi

sukabumiheadline.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/6/2024).

Dalam kunjungan kerjanya di Sukabumi, Jenderal Maruli dan Menteri Andi Amran di antaranya melakukan panen jagung dan singkong di lahan ketahanan pangan (Han Pangan) Kostrad Kampung Neglasari, Desa Ciemas.

Jenderal Maruli mengungkapkan panen raya kali ini dihadiri Menteri Pertanian yang sebelumnya telah menerima pemaparan terkait program ketahanan pangan. Kehadiran Menteri Pertanian dalam kegiatan panen raya ini merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya.

“Beliau (Menteri Pertanian) setelah kami paparkan sangat antusias dan beliau lihat langsung lihat hari ini,” ungkap Maruli kepada awak media di sela kegiatan panen raya di Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Selasa.

“Ke depannya, kami berharap program Han Pangan menjadi pilot project untuk di daerah lain,” sambung jenderal bintang empat itu.

Dia menjelaskan program Han Pangan butuh perjuangan dan waktu yang tidak sebentar. Lahan yang dimanfaatkan berasal dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) seluas 980 hektar yang dalam kondisi gersang dengan semak belukar.

“Memanfaatkan lahan perkebunan karet yang ditinggal, pohonnya sudah tidak ada, hanya tinggal ilalang, dan tanahnya sudah rusak karena karet,” ujar Maruli.

Dalam pelaksanaan program Han Pangan ini lanjut dia, melakukan kerja sama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan masyarakat sekitar lokasi. Sehingga sedikit demi sedikit lahan yang awalnya tidur ini mulai terbuka dan tertata.

“Awalnya memilih komoditas jagung dan singkong untuk penanaman awal ini karena cocok di tanam di lokasi tersebut,”

“Sementara sekarang ini lebih 250 hektar singkong, 130 hektar jagung, dan proses sampai 200 hektar, kami juga sudah menyiapkan lahan untuk ternak sapi 100 hektar,” kata Maruli.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan apresiasi langkah dan tindakan yang telah dilakukan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak yang menginisiasi dengan konsep pengembangan pangan di tanah air.

“Ini pak KSAD luar biasa secara personal, sejak beliau Danrem di Solo sudah sangat kreatif untuk membantu masyarakat khususnya air,” ucap Amran.

“Jadi kami sebagai Menteri Pertanian berterima kasih atas nama bangsa Indonesia berterima kasih kepada Pak Kasad dan seluruh tim mungkin kita tidak berlebihan kalau kita beri gelar beliau bapak pangan Indonesia,” sambung dia.

Hadir pada panen raya jagung dan singkong di antaranya Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Kepala Polda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer