30.9 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Usaha haram jual 15 ribu butir obat saat Ramadhan, pemuda Tipar Sukabumi Lebaran di tahanan

sukabumiheadline.com - Seorang pemuda diamankan polisi karena...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Motor Matic Retro Penjegal Yamaha Grand Filano dan Honda Stylo, Harga Rp17 Juta

sukabumiheadline.com - Kehadiran motor Jialing Bugatti 125,...

Kenali 5 Fakta Surili, Hewan Endemik Penghuni Gunung Halimun Salak Sukabumi-Bogor

Gaya hidupKenali 5 Fakta Surili, Hewan Endemik Penghuni Gunung Halimun Salak Sukabumi-Bogor

sukabumiheadline.com l Surili atau Lutung Jawa adalah salah satu fauna endemik Jawa Barat yang menjadi penghuni istimewa di hutan tropis kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Hingga saat ini, TNGHS yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Bogor itu menjadi salah satu rumah sekaligus tempat konservasi fauna Surili yang terancam punah.

Mengenal tentang primata ini tidak hanya membuka wawasan, tetapi juga mengingatkan kesadaran untuk menjaga habitat alaminya.

Namun, meskipun berada di wilayahnya, rasanya tidak banyak warga Sukabumi yang mengenal dengan baik fakta-fakta menarik tentang Surili ini.

Agar tak penasaran, yuk kenali 5 fakta Surili sebagai berikut.

1. Surili Terancam Punah

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata populasi Surili mengalami ancaman serius dan telah tercatat sebagai spesies yang terancam punah.

Hal itu disebabkan penggundulan hutan untuk perluasan pemukiman, pertanian, dan aktivitas manusia lainnya, sehingga mengurangi habitat mereka.

Selain itu, Surili sering diburu untuk diambil sebagai hewan peliharaan atau diperdagangkan secara ilegal. Padahal, Surili adalah salah satu harta tersembunyi di Indonesia yang patut untuk kita jaga dengan baik.

2. Binatang Herbivora

Surili diketahui merupakan fauna pemakan tumbuhan yang sebagian besar mengkonsumsi daun sebagai makanan utama mereka.

Meskipun pemakan daun, jenis makanan yang mereka konsumsi cukup bervariasi. Selain itu, Surili juga memakan berbagai jenis tumbuhan lainnya, termasuk bunga, buah, dan biji-bijian.

Baca Juga: Siti Navisyah, Selebgram Cantik Asal Sukabumi Penakluk Gunung

3. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi

Surili dikenal sebagai salah satu primata yang cerdas karena kemampuannya untuk berkomunikasi dengan sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan kemampuan Surili yang memiliki beragam suara dan ekspresi wajah yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.

Suara yang mereka gunakan dapat juga berupa peringatan ketika ada bahaya atau suara panggilan untuk sesama mereka.

4. Memiliki Kemampuan Merawat Diri

Sebagai primata yang aktif melakukan kegiatan pada siang hari atau fauna yang bersifat diurnal, Surili terbiasa mencari makanan, berkomunikasi dengan kelompoknya, menjaga kebersihan, dan bermain.

Surili memiliki kebiasaan untuk merawat diri dengan menghabiskan waktu untuk menjaga kebersihan bulu mereka hingga menghilangkan kutu dan parasit.

5. Memiliki Beragam Warna

Fakta kelima, warna bulu Surili adalah salah satu karakteristik yang sangat bervariasi di antara populasi mereka. Namun, sebagian besar Surili memiliki warna bulu dari keputihan hingga warna abu-abu gelap.

Meskipun demikian, ada juga populasi Surili yang memiliki warna bulu hampir hitam atau berwarna gelap.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer